UNDERSTANDING THE SOUND CHARACTER OF THE TOOL WITH A VIDEO SLIDE SKETCH ON THE ENSEMBLE LEARNING AT SMPN14 PADANG
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni
DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v19i1.100029
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords: sound character, music tool,video slide sketch, ensemble
MEMAHAMI KARAKTER BUNYI ALAT DENGAN VIDEO SLIDE SKETSA PADA PEMBELAJARAN ENSAMBEL DI SMPN14 PADANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pelajaran Seni Budaya sesuai kurikulum 2013, khususnya dari aspek memperkaya substansi bahan ajar ensambel musik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D. Hasil penelitian telah menciptakan pengembangan bahan ajar ensambel musik daerah setempat pada materi musik Minangkabau, yang mana dengan menampilkan karakter bunyi alat musik ensambel dalam bentuk video berbasis sketsa, guru dapat melengkapi bahan ajarnya dalam tayangan dan tidak perlu didonstrasikan. Dengan adanya pengayaan materi pelajaran ensambel musik menggunakan video berbasis slide sketsa ini pula, guru dapat mempresentasikan pembelajaran dengan lebih apresiatif dan menarik perhatian siswa, yakni dengan penggunaan materi, alat, bahan dan waktu belajar yang efektif dan efisien.
Kata kunci: karakter bunyi, alat, video slide sketsa, ensamble
References
Ahmadi, A. & Supriyono, W. (2008). Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Ariani, N. & Haryanto, D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah: PedomanPembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prosprektif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Arsyad, A. (2008). Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ali, M.(1992). Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru.
Badan Standar Nasional Pendidikan (2006).Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP
Gagne, R.M. (1989). Principle of Instructional Design. New York: Hall Rinehant and Winston.
Ghufron, A. (2011). Pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) di Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Ghufron, A. (2005). Model Pengembangan Sistem Pembelajaran bagi Penyiapan Sumberdaya Manusia Era Informasi. Artikel Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran “Teknologi Pembelajaran Menuju Masyarakat Belajar” pada tanggal 5-6 Desember 2005.
Hamalik, O. (2007). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Hamdju, A. & Windawati, A. (1981). Pengetahuan Seni Musik. Jakarta: Mutiara
Jamalus. (1988). Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Tenaga Kependidikan Depateman Pendidikan dan Kebudayaan
Jamalus. (1988). Musik dan Praktik Perkembangan Buku Sekolah Pendidikan Guru. Jakarta: CV. TitikTerang
Nasution, S. (1984). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yoyakarta: Kanisius
Sagala, S. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Article Metrics
Abstract Views : 310 timesPDF Downloaded : 46 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.