EFEKTIVITAS PERMAINAN ULAT ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1 SAMPAI 10 BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

Yossi Prima Putri(1), Damri -(2), Irdamurni -(3),
(1)   Indonesia
(2)  
(3)  

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe85860.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan anak tunagrahita ringan X yang duduk di kelas D.C1 di SLB Sabiluna Pariaman yang mengalami kesulitan dalam mengenal lambang bilangan 1 sampai 10. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti berupaya untuk meningkatkan kemampuan  dalam mengenal lambang bilangan 1 sampai 10  melalui permainan ulat angka.

Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah Eksperimen dalam bentuk Single Subject Research dengan desain A-B-A.Penilaian penelitian ini peneliti menggunakan presentase.

Hasil penelitian menunjukkan kemampuan anak tunagrahita ringan dalam mengenal lambang bilangan 1 sampai 10 meningkat setelah diberikan permainan ulat angka. Hal ini terbukti ketika pengamatan sebanyak tujuh kali dengan data 29,54% pada kondisi awal (A1), kondisi intervensi (B) dilakukan sebanyak sepuluh kali dengan data 90,90%, kondisi baseline (A2) dilakukan sebanyak enam dengan data 90,90%, dalam kemampuan anak mengenal lambang bilangan 1 sampai 10. Hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi menunjukkan estimasi kecenderungan arah, kecenderungan kestabilan, jejak data dan tingkat perubahan yang meningkat positif.Sehingga dapat disimpulkan permainan ulat angka efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 10pada anak tunagrahita ringan. Disarankan guru dapat menggunakan permainan ulat angka dalam kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 10.


Article Metrics

 Abstract Views : 362 times
 PDF Downloaded : 228 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu