Efektivitas Model Pembelajaran LangsungMeningkatkan Kemampuan Membuat Bunga Hias Cangkang KerangAnak Tunagrahita Sedang (Single Subject Research di kelas V C.1 SLB Sabiluna Pariaman
![](/public/amplop.jpg)
(1)  
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(2)  
(3)  
![](/public/amplop.jpg)
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu
DOI : https://doi.org/10.24036/jupe85740.64
Full Text:
![](/public/downloadpdf.png)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan anak tunagrahita sedang X kelas V/C.1 di Sabiluna Pariaman mengalami permasalahan dalam mengikuti pembelajaran keterampilan, khususnya pada kegiatan membuat bunga hias. oleh karena itu peneliti ingin meningkatkan ketermpilan bunga hias cangkang kerang menggunakan model pebelajaran langsung.
Penelitian yang peneliti lakukan adalah jenis eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A.Dalam penilaian penelitianmenggunakan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan anak tunagrahita sedang dalam membut bunga hias cangkang kerang meningkat. Pada awal kondisi baseline (A1) pengamatan dilakukan sebanyak tujuh kali dengan mean level 42,57%, pada kondisi intervensi pengamatan dilakukan sebanyak sepuluh kali dengan mean level 68,8%, dan pada kondisi baseline (A2) pengamatan dilakukan sebayak lima kali dengan mean level yang diperoleh 82,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan model pembelajara langsung efektif untuk meningkatkan keterampilan membuat bunga hias cangkang kerang bagi anak tunagrahita sedang.
Kata kunci: Model pembelajaran langsung, Meningkatkan kemampuan membuat bunga hias cangkang kerang anak tunagrahita sedang.
Article Metrics
![](/public/grafik.png)
![](/public/pdf.jpg)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu