Strategi Kooperatif Learning Merupakan Salah Satu Alternatif Meningkatkan Partisipasi Siswa Tunagrahita Ringan Dalam Pembelajaran IPA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas DVI SLB N Ganting Bukittinggi)

Indria Syafitri(1), Ardisal -(2), Irdamurni -(3),
(1)   Indonesia
(2)  
(3)  

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe85700.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan siswa Tunagrahita kelas D VI C yang kurang partisipasi dalam pembelajaran. Selama ini usaha guru kepada anak yaitu memberikan motivasi kepada anak dengan memberikan pujian ketika anak menyelesaikan tugas-tugas, dan dalam belajar guru menggunakan metode tanya jawab, demonstrasi, penugasan dan latihan.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan partisipasi siswa melalui strategi kooperatif learning dalam kegiatan pembelajaran IPA di kelas D VI/C SLB N Ganting Bukittinggi.

Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan berkolaborasi dengan guru kelas. Tindakan ini dilakukan pada anak Tunagrahita ringan kelas D VI/C SLB N Manggis Ganting

Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I yang dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan proses pembelajaran dimulai dari peneliti meminta siswa duduk secara berkelompok lalu peneliti menjelaskan materi pelajaran. Setelah itu peneliti memberikan latihan dan mengerjakannya secara bersama-sama. Sebelum dilaksanakan penelitian F yang awalnya tidak mampu berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran seperti menjawab pertanyaan, mengerjakan latihan, menuliskan jawaban ke depan kelas. Setelah diberi tindakan pada siklus I mendapat nilai 61,5% mampu dengan bantuan peneliti dari kemampuan berpartisipasi, dan mendapat nilai 96% dari kemampuan berpartisipasi saat diberikan tindakan pada siklus II. Dengan ini disimpulkan bahwa pelaksanaan strategi kooperatif learning terlihat kemampuan berpartisipasi dalam pembelajaran IPA pada anak telah meningkat. Disarankan pada sekolah, guru dan peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan strategi kooperatif learning dalam meningkatkan kemampuan berpartisipasi pada sisiwa agar terciptanya kegiatan pembelajaran yang lebih efektif dan efesien.


Article Metrics

 Abstract Views : 2028 times
 PDF Downloaded : 277 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu