Meningkatkan Kemampuan Menulis Bentuk Huruf (a, o, g, p, b, d) Melalui Media Angka 8 Tidur Pada Anak Berkesulitan Belajar di SD Negeri 15 Ulu Gadut

Elvira Agustia Suardi(1), Damri -(2), Ardisal -(3),
(1)   Indonesia
(2)  
(3)  

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe85670.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang temukan, yakni anak berkesulitan belajar X yang mengalami kesulitan dalam menulis permulaan bentuk huruf (a, o, g, p, b, d). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan bentuk huruf (a, o, g, p, b, d) melalui media angka 8 tidur bagi anak berkesulitan belajar kelas V di SD Negeri 15 Ulu Gadut Padang.

Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) Penelitian ini menggunakan desain A-B. Dimana kondisi A adalah baseline yakni kondisi awal kemampuan anak dalam menulis permulaan bentuk huruf sebelum di berikan tindakan. Sedangkan kondisi B merupakan kondisi intervensi yakni kondisi dimana anak di berikan intervensi melalui media angka 8 tidur.

Hasil penelitian yaitu kemampuan  meningkatkan menulis permulaan anak berkesulitan belajar X meningkat setelah diberikan intervensi melalui media angka 8 tidur. Pada kondisi baseline dilakukan lima kali pengamatan diperoleh skor tertinggi yaitu 0. Pada kondisi  intervensi dilakukan sembilan kali pengamatan kemampuan anak meningkat dengan skor tertinggi 100. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dimaknai bahwa kemampuan menulis permulaan bentuk huruf (a,o,g,p,b,d) anak berkesulitan belajar di SD Negeri Padang dapat meningkat melalui media angka 8 tidur. Peneliti menyarankan kepada guru agar menggunakan media ini dalam pembelajaran

Article Metrics

 Abstract Views : 401 times
 PDF Downloaded : 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu