Efektifitas Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kta Bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas II sekolah Dasar (Penelitian Subjek Tunggal di SD Negeri 32 Sungai Jaring Lubuk Basung)

Lilit Mayasari(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe76000.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Lilit Mayasari. 2015. “Efektifitas Tutor  Sebaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kta Bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas II sekolah Dasar (Penelitian Subjek Tunggal di SD Negeri 32 Sungai Jaring Lubuk Basung). Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa.

            Penelitian ini berawal dari permasalahan yang ditemukan pada seorang anak berkesulitan belajar X kelas II mengalami hambatan dalam membaca kata.Berdasarkan hasil asesmen diketahui bahwa anak mengalami masalah dalam membaca kata terutama kata yang menggunakan huruf e, f, q dan v. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti berupaya membantu meningkatkan anak dalam membaca kata dengan bantua tutor sebaya.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca kata anak dengan bantuan tutor sebaya bagi anak berkesulitan belajar di SD Negeri 32 Sungai Jaring Lubuk Basung. Jenis Penelitian ini adalah penelitian subjek tunggal ( SingleSubjectReseach ). Penelian ini menggunakan desain A-B-A.

            Dari hasil penelitian terlihat bahwa kemampuan membaca kata anak berkesulitan belajar kelas II di SD Negeri 32 Sungai Jaring Lubuk Basung, mengalami peningkatan setelah diberi intervensi menggunakan tutor sebaya.Pada kondisi baseline (AI)yang dilakukan selama tujuh kali pertemuan, persentase keberhasilan yaitu 5%. Pada kondisi intervensi menggunakan tutor sebaya, yang dilakukan selama sepuluh kali pertemuan persentase keberhasila anak dalam membaca kata adalah 85%. Sedangkan pada kondisi baseline (A2) setelah tidak  lagi diberika intervensi yang dilakukan selama lima kali pertemuan, anak mampu mempertahankan kemampuan membaca kata dengan memperoleh persentase mencapai 85%. Dengan demikian rumusan masalah yang dikemukakan terjawab bahwa tutor sebaya efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca kata bagi anak berkesulitan belajar kelas II SD Negeri 32 Sungai Jaring Lubuk Basung.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka peneliti menyarankan agar pihak-pihak terkait dapat mempertimbangkan tutor sebaya dalam memberikan bantuan membaca kata bagi anak berkesulitan belajar. Untuk  peneliti selanjutnya dapat menggunakan tutor sebaya untuk mengatasi masalah yang relevan.

Kata kunci: membaca kata; anak berkesulitan belajar; tutor sebaya


Article Metrics

 Abstract Views : 252 times
 PDF Downloaded : 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu