PENGGUNAAN SENAM OTAK (BRAIN GYM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS D IV C DI SLB AL AZHAR BUKITTINGGI
(1)   Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu
DOI : https://doi.org/10.24036/jupe75860.64
Full Text: Language : en
Abstract
Arsi Elisa. 2015. Penggunaan Senam Otak (Brain Gym) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas D IV C Di SLB Al Azhar Bukittinggi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Penelitian ini dilatarbelakangi belum bisanya anak tunagrahita ringan X menulis permulaan khususnya menulis huruf. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan dengan menggunakan Senam Otak (Brain Gym) Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas D IV C Di SLB Al Azhar Bukittinggi
Metode penelitian yang digunakan adalah single subyek reseach dengan menggunakan desain A-B-A, dengan tujuan untuk melihat kemampuan anak menulis huruf sebelum diberikan perlakuan, pada saat diberikan perlakuan serta membandingkannya dengan kemampuan anak setelah perlakuaan tidak diberikan.
Hasil penelitian yaitu kemampuan menulis permulaan anak tunagrahita ringan meningkat dengan menggunakan senam otak(brain gym). Pada kondisi baseline dilakukan sebanyak enam kali pengamatan dengan persentase tertinggi 37,5%, pada kondisi intervensi dilakukan sebanyak sembilan kali pengamatan dengan persentase tertinggi 87,5% dan pada kondisi baseline kedua denga persentase tertinggi 75%. Dengan demikian hipotesis yang diajukan sebelumnya dapat diterima. Artinya penggunan senam otak dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak tunagrahita ringan kelas D IV C di SLB Al Azhar Bukittinggi. Oleh karena itu disarankan kepada guru kelas supaya menggunakan senam otak( brain gym) dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak tunagrahita
Article Metrics
Abstract Views : 569 timesPDF Downloaded : 537 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu