PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI BIDANG KEROHANIAN AGAMA ISLAM DI SLBN 2 PADANG
(1)   Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu
DOI : https://doi.org/10.24036/jupe70540.64
Full Text: Language : en
Abstract
Abstrak
Penelitian ini berawal dari pengamatan yang dilakukan di SLBN 2 Padang, yang melaksanakan kegiatan kerohanian melalui kegiatan pengembangan diri yang dilaksanakan pada setiap hari Jumat pukul 08.00-10.00 WIB. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengamati secara alamiah dan menyeluruh tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, kerja sama, kendala dan solusi sekolah dalam kegiatan pengembangan diri kerohanian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru koordinator kerohanian, dan guru kelas. Objek penelitian ini sendiri adalah pelaksanaan dari kegiatan pengembangan diri kerohanian ini. Dari hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa kegiatan kerohanian ini direncanakan pada awal semester oleh sekolah, sekaligus mengatur guru yang bertanggung jawab dalam menyampaikan materi. Format pelaksanaannya mengadopsi bentuk kegiatan didikan Subuh yang biasa diselenggarakan di Mesjid dan Musholla pada Minggu pagi. Melaksanakan kerja sama dengan stake holder terkait.
Kata kunci: pengembangan diri; kerohanian; agama Islam.
Article Metrics
Abstract Views : 373 timesPDF Downloaded : 654 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu