EFEKTIVITAS PERMAINAN SONDAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PELAFALAN HURUF DENTAL ALVEOLAR BAGI ANAK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN

AYU SEFTIA SARI(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe56630.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak: Penelitian ini berawal dari ditemukannya seorang anak dengan hambatan pendengaran di kelas IV SLB Perwari Padang bermasalah dalam pelafalan huruf Dental Alveolar. Anak diketahui belum bisa membaca kalimat maupun kata. Selain itu, anak memiliki masalah dalam pelafalan huruf, terutama huruf konsonan Dental Alveolar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelafalan huruf Dental Alveolar pada anak dengan hambatan pendengaran dengan hipotesis permainan sondah efektif untuk meningkatkan kemampuan pelafalan huruf Dental Alveolar bagi anak dengan hambatan pendengaran di kelas IV SLB Perwari Padang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Reasearh (SSR) dengan desain A-B-A. Penilaian penelitian ini adalah seberapa besar persentase keberhasilan anak dalam melafalkan huruf dental alveolar  pada kata yang diberikan. Data diperoleh melalui observasi langsung. Analisis data dalam penelitian ini adalah data visual berupa grafik.

Analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pelafalan huruf Dental Alveolar meningkat secara signifikan setelah diberikan perlakuan dengan permainan Sondah. Hal ini ditunjukkanpadakondisibaseline (A1)50%. Kondisiintervensi(B) 83,3%, dankemampuan setelah tidak diberi intervensi lagi (A2)75%. Hal ini terbukti dari hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi menunjukkan estimasi kecenderungan arah, kecenderungan kestabilan, jejak data dan tingkat perubahan yang meningkat secara positif, serta Overlap pada analisis data kondisi A10% dan kondisi A2 50%. Sehingga nantinya diharapkan kepada guru untuk dapat menggunakan permainan sondah dalam pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada pelafalan huruf.

 

Kata Kunci: pelafalan huruf dental alveolar; permainan sondah; anak dengan hambatan     pendengaran;


Article Metrics

 Abstract Views : 278 times
 PDF Downloaded : 189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)