EFEKTIVITAS PERMAINAN ENGKLEK UNTUK MENGENALKAN KONSEP HURUF VOKAL BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR

Dian Febriani(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe43470.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrack :Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada dilapangan yaitu seorang anak kesulitan belajar membaca kelas II SDN 01 Alang Laweh Padang  yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan yaitu mengenal huruf vokal [a][i][u][e][o]. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan permainan engklek untuk mengenalkan konsep huruf vokal bagi anak berkesulitan belajar kelas II SDN 01 Alang Laweh Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research dengan desain A-B-A. Kondisi baseline (A1) yaitu kemampuan awal anak dalam mengenal huruf vokal sebelum diberikan perlakuan, kondisi intervensi (B) yaitu kondisi dimana anak diberikan perlakuan dengan permainan engklek, sedangkan kondisi baseline (A2) yaitu kemampuan anak setelah tidak diberikan perlakuan lagi. Target behavior  dalam penelitian ini adalah anak mampu dalam mengenal huruf vokal dengan benar yang diukur dengan persentase. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis visual grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan engklek efektif dalam mengenal huruf vokal bagi anak kesulitan belajar. Panjang kondisi baseline (A1) sebanyak enam kali, kondisi intervensi (B) sebanyak 12 kali, dan kondisi baseline (A2) sebanyak enam kali. Analisis dalam kondisi level perubahan kemampuan mengenal huruf vokal pada kondisi baseline (A1) meningkat (+20%), kondisi intervensi (B) meningkat (+80%), dan kondisi baseline (A2) meningkat (+20%). Pada analisis antar kondisi dengan jumlah variabel yang dianalisis satu variabel yaitu kemampuan mengenal huruf vokal, dengan level perubahan pada kondisi B/A1 +20%, dan  B/A2 +80% artinya bahwa persentase kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal  meningkat. Persentase overlape pada kondisi baseline (A1) dengan kondisi intervensi  sebesar 0%, dan pada kondisi baseline setelah intervensi (A2) dengan kondisi intervensi sebesar 30%. Dengan demikian terbukti bahwa hipotesis diterima, berarti permainan engklek efektif dalam mengenalkan huruf vokal bagi anak kesulitan membaca kelas II di SDN 01 Alang Laweh Padang.

Kata-kata kunci : Anak Berkesulitan Belajar, Konsep Huruf Vokal, Permainan Engklek


Article Metrics

 Abstract Views : 341 times
 PDF Downloaded : 511 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)