EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTI METODE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJAHIT SARUNG BANTALAN KURSI BAGI ANAK TUNARUNGU

Cici Apriani(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe39000.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurang berhasilnya kemampuan anak dalam menjahit sarung bantalan kursi di sekolah. Peneliti memberikan intervensi dengan menggunakan multi metode. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan penggunaan multi metode dapat meningkatkan kemampuan menjahit sarung bantalan kursi bagi anak tunarungu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan instrument langkah – langkah dalam menjahit sarung bantalan kursi. Berdasarkan pengolahan data maka diperoleh baseline (A1) 22 %, intervensi 77 % dan baseline (A2) 88 %. Persentase data overlap adalah 37,5 %. Maka dapat disimpulkan bahwa multi metode dapat meningkatkan kemampuan menjahit sarung bantalan kursi bagi anak tunarungu kelas X SMALB. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan acuan bagi pendidik tunarungu agar  menggunakan multi metode dalam proses pembelajaran matematika.

Kata kunci  :  Anak tunarungu, menjahit sarung bantalan kursi, ,multi metode


Article Metrics

 Abstract Views : 356 times
 PDF Downloaded : 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)