MENINGKATKAN PEMAHAMAN TANDA BACA DALAM MENULIS MELALUI MEDIA CD INTERAKTIF BAGI ANAK KESULITAN BELAJAR

Silvia Muchlis(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe38520.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrack: Penelitian ini berawal dari ditemuinya seorang anak kesulitan belajar. Dari hasil pengamatan, tes maupun wawancara anak belum memahami tanda baca, itu terlihat dari tulisan anak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tanda baca dalam menulis bagi anak kesulitan belajar melalui media CD Interaktif. Adapun hipotesis penelitian ini  adalah penggunaan media CD Interaktif dapat meningkatkan pemahaman tanda baca bagi anak kesulitan belajar kelas IV x di SD N 01 Alang Lawas Padang. Penelitian ini menggunakan desain A-B dalam bentuk Single Subject Research (SSR). Sebagai subjeknya adalah salah seorang anak kesulitan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi baseline pemahaman anak kesulitan belajar x dalam memahami tanda baca sangat rendah. Dan setelah diberikan intervensi  dengan menggunakan media CD Interaktif kemampuan anak meningkat. Dengan persentase perbandingan 40% pada kondisi baseline dan 93% pada kondisi intervensi. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan terjawab bahwa media CD Interaktif dapat meningkatkan pemahaman tanda baca bagi anak kesulitan belajar kelas IV X di SD N 01 Alang Lawas Padang.

Kata Kunci: pemahaman tanda baca, media CD Interaktif, anak kesulitan belajar


Article Metrics

 Abstract Views : 257 times
 PDF Downloaded : 112 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)