MENINGKATKAN KEMAMPUAN BINA DIRI MELALUI ANALISIS TUGAS PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS 1 di SLB LIMAS PADANG

Singgih Ardiyanto(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe32450.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukannya seorang anak tunagrahita sedang di SLB Limas Padang belum bisa makan dengan benar. Ketika anak makan, anak hanya makan nasinya saja tanpa makan lauk dan sayur, sehingga ketika nasi habis lauk dan sayur tidak habis. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bina diri khususnya makan melalui analsis tugas.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research, dengan desain A-B dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah anak tunagrahita sedang kelas 1, yang mana anak disuruh makan dengan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Dari hasil penelitian terlihat bahwa pada sesi baseline ( A ) yang dilakukan sebanyak 5 kali pengamatan, presentase kemampuan makan pada kondisi ini terletak pada rentang 0% dan 10%. Kedua, sesi intervensi ( B ) dengan menggunakan metode analisis tugas dilakukan sebanyak sepuluh kali, presentase kemampuan makan pada kondisi ini terletak pada rentang 10%, 20%, 30%, 40%, 50%, 60%, 70%, 80%, 90%, dan 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecenderungan arah, kecenderungan kestabilitas, jejak data dan perubahan level yang menunjukkan peningkatan kemampuan makan secara positif, dan overlap data pada analisis antar kondisi sangat kecil yaitu 0%, hal ini menunjukkan semakin kecil presentase overlape maka semakin baik pengaruh intervensi terhadap perubahan target bahvior dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis data tersebut, menunjukkan bahwa analisis tugas mampu meningkatkan kemampuan makan bagi anak tunagrahita sedang kelas I di SLB Limas Padang.

 

Kata kunci: Tunagrahita Sedang; Kemampuan Makan; Analisis tugas.


Article Metrics

 Abstract Views : 2519 times
 PDF Downloaded : 3280 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)