UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN POHON ANGKA BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS III C SDLB NEGERI 51 LENGAYANG

Yetdawati - -(1),
(1)  

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe30740.64

Full Text:    Language : en    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi masih banyaknya anak tunagrahita ringan yang sulit memahami sesuatu yang bersifat abstrak, seperti pembelajaran matematika mengenai lambang bilangan, sehingga anak perlu adanya pembelajaran yang bersifat konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Proses pelaksanaan pembelajaran serta peningkatan hasil belajar lambang bilangan melalui permainan pohon angka bagi siswa tunagrahita ringan kelas IIIC di SLB Negeri 51 Lengayang.

Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa siswa tunagrahita ringan kelas IIIC di SLB Negeri 51 Lengayang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pencatatan lapangan, Observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data Kualitatif dan Kuantitatif.

Berdasarkan data hasil penelitian pembelajaran pemahaman lambang bilangan dengan menggunakan permainan pohon angka kegiatan siswa pada siklus I diperoleh skor 61.66%, pada siklus II diperoleh skor sebesar 75%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan pohon angka siswa terlibat aktif mengikuti pelaksanaan pembelajaran pemahaman lambang bilangan  Hasil belajar siswa Tunagrahita Ringan Kelas III C SDLB Negeri 51 Lengayang pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 66,66%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77,77%. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan media gambar pohon angka terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa siswa Tunagrahita Ringan Kelas III C SDLB Negeri 51 Lengayang


Article Metrics

 Abstract Views : 154 times
 Untitled Downloaded : 3 times  PDF Downloaded : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)