MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL MELALUI LAPTOP MAINAN ANAK UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II DI SLB PERWARI PADANG
(1) PLB FIP UNP  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c)
DOI : https://doi.org/10.24036/jupe21050.64
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di lapangan yaitu seorang anak Tunagrahita ringan di SLB Perwari Padang kelas II yang belum mengenal konsep huruf. Dari hasil asesmen anak hanya mampu membaca gambar masih belum mampu untuk membaca kata dari gambar tersebut. Sedangkan hurruf anak masih belum mampu untuk menyebutkan dan menunjukkan. Kalau disuruh menunjukkan huruf dari gambar yang telah diberikan kepada anak, anak hanya bisa menggelengkan kepalanya, dan ketika anak diminta untuk menyebutkan huruf yang anak ketahui anak hanya mehyebutkan huruf [a] saja. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini menggunakan laptop mainan anak untuk meningkatkan kemampuan pengenalan huruf vokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan ekperimen dalam bentuk single subject research (penelitian subjek tunggal) dengan desain A-B. Sebagai subjeknya adalah anak tunagrahita ringan. Penilaian yang dilakukan dalam penelitian ini konsisten dalam mengukur banyaknya jumlah jawaban yang benar dari huruf vokal [a], [i], [u], [e], dan [o] yang ditunjukkan dan disebutkan anak tunagrahita ringan yang disajikan dalam bentuk persentase.
Article Metrics
Abstract Views : 633 timesPDF Downloaded : 215 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)