UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KATA MELALUI QUANTUM LEARNING BAGI ANAK KESULITAN BELAJAR

Fitri Ayu, Markis Yunus, Zumiyetri(1),
(1) PLB FIP UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe21010.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh seorang anak berkesulitan belajar yang kurang terampil dalam menulis kata. Dari hasil pengamatan berupa asesmen awal terlihat secara jelas bahwa hasil tulisan anak tidak rapi, dalam menulis kata bendasaja anak terlihat banyak salah, baik itu dari bentuk hurufnya, spasi antar huruf dan antar kata, maupun dalam kerapian tulisannya.

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis kata anak kesulitan belajar di SD Negeri 27 Olo Padang. Disini peneliti memberikan pendekatan quantum learning untuk meningkatkan kemampuan menulis kata benda, baik dari bentuk huruf, spasi antar huruf dan kata, maupun kerapian tulisannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengan desain A-B.Data dikumpulkan dengan pengamatan langsung dan dicatat pada lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis visual grafik yang terdiri dari analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan AKB X dalam menulis kata benda melalui quantum learning di SD Negeri 27 Olo Padang, dengan panjangnya kondisi baseline adalah lima kali pengamatan. Sedangkan panjang kondisi intervensi tujuh kali. Arah kecenderungan data baseline menunjukkan kemampuan menulis kata anak sedikit naik (+), sedangkan pada kondisi treatment menunjukkan data kemampuan anak dalam menulis kata benda meningkat lagi (+).Pada kondisi baseline tingkat perubahan kemampuan anak menulis kata adalah (+10) kemampuan, untuk treatment tingkat perubahannya adalah (+80) kemampuan. Hasil analisis antar kondisi menunjukkan: Jumlah variabel yang dirubah adalah satu yaitu kemampuan menulis kata benda, dengan persentase overlap adalah 14 %. peneliti menyarankan agar guru yang mengajar Bahasa Indonesia hendaknya menggunakan pendekatan quantum learning agar pembelajaran lebih menyenangkan dan dapat menumbuhkan kemampuan siswa dalam belajar.


Article Metrics

 Abstract Views : 271 times
 PDF Downloaded : 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)