Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Deret Kebawah Melalui Video Tutorial Bagi Anak Tunagrahita Ringan

(1) Universitas Negeri Padang 

(2) Universitas Negeri Padang 


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v13i1.133033
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa tunagrahita ringan kelas VI di SLB YPAC Sumatera Barat yang memiliki masalah dalam penjumlahan 1-50 deret kebawah. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan penjumlahan deret kebawah 1-50 pada anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Metode penelitian eksperimen yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Subjek dalam penelitian ini yaitu satu subjek yaitu siswa tunagrahita ringan kelas VI di SLB YPAC Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan video tutorial sebagai variabel bebas, dan variabel terikatnya yaitu kemampuan penjumlahan deret 1-50 kebawah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes soal dengan alat pengumpulan data berupa instrument dengan cara checklist dan kemudian diolah menjadi presentase. Teknik analisis data yang di gunakan analisis visual grafik. Hasil Penelitian pada kondisi Baseline dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dengan Presentase 40%, 50%, 50% dan Pada Intervensi Melalui Video tutorial dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan dengan Presentase 70%, 80%, 80%, 90%, 90% , 90%, 90% 90% .Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan penjumlahan deret 1-50 kebawah dapat meningkat melalui Video tutorial bagi Anak tunagrahita ringan kelas VI di SLB YPAC Sumatera Barat. kemampuan penjumlahan deret 1-50 kebawah saat diberikan Intervensi Melalui Video tutorial mencapai 90% pada lima kali pertemuan terakhir dan Stabil dengan Prensentase stabilitas 87%.
Keywords
References
Alpiani, R., & Hasan, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Mengenal Nilai Mata Uang Melalui Metode Bermain Peran Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VII di SLB YPPLB Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7, 148–154.
Azlin, R., & Iswari, M. (2020). Efektifitas Media Mesin Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Penjumlahan Pada Anak Kesulitan Belajar. Ranah Research: Journal of …, 29–37. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/224%0Ahttps://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/download/224/209
Baharuddin, I. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 90–97.
Bandiyah, S. (2016). Peningkatan kemampuan operasi hitung campuran bilangan bulat dengan pembelajaran index card match. Didaktikum, 17(2), 1–6. http://www.i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/view/488%0Ahttp://www.i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/view/488/478
Dahlan, U. A. (2022). Konsep dasar anak berkebutuhan khusus. 2, 26–42.
Indra, P. R. C. (2021). Single Subject Research (teori dan implementasinya: suatu pengantar). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Irdamurni & Rahmawati. (2015). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Goresan Pena Anggota IKAPI, 344.
Lupiyoadi, M. dalam. (2021). Ukuran kemampuan menghitung pecahan campuran operasi penjumlahan dan pengurangan penyebut berbeda siswa kelas V SDN 060937 Medan Johor Tahun Ajaran 2019/2020. Convention Center Di Kota Tegal, 4(2000), 6–37.
Mahdi, A., Yusuf, R., & Efrina, E. (2018). Numbered Head Together untuk Meningkatkan Kemampuan. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus.
Muthia, Y., Aini, Q., & Iswari, M. (2019). Efektivitas Analisis Tugas dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Kerupuk Ikan bagi Anak Tunagrahita Ringan. 7, 160–165.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, S. R. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Saputri, S., Ningsih, E. F., & Widyawati, S. (2017). Analisis Kesulitan Anak Tunagrahita Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Harapan Ibu Metro. MaPan, 5(2), 187–200. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a3
Sari, R. J., & Iswari, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Melalui Media Dadu Bagi Anak Tunagrahita Ringan. 7, 166–171.
Yantrisna, I., & Iswari, M. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Penjumlahan Bilangan melalui Project Based Learning bagi Anak Tunagrahita. 11, 151–156.
Article Metrics

Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.