Meningkatkan Keterampilan Merangkai Snack Bouquet dengan Menggunakan Teknik Modelling pada Siswa Tunadaksa di SLB YPAC Sumatera Barat

Fadhila Utami(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v13i1.132974

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk untuk mengetahui apakah keterampilan merangkai snack bouquet pada anak tunadaksa di SLB YPAC Sumbar dapat meningkat dengan menggunakan teknik modelling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (single subject research) dan menerapkan desain A-B-A. Data yang dikumpulkan berupa skor persentase dan dianalisis melalui analisis visual grafik. Hasil dari 11 kali pengamatan pada tiga fase menunjukkan bahwa pada fase baseline (A1), data stabil sebesar 36,8% dan  mendatar (=). Pada fase intervensi (B), data stabil mencapai 100% dan meningkat (+). Sementara itu, pada fase baseline (A2), data stabil berada di angka 94,7% dan  mendatar (=). Temuan ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan dalam merangkai snack bouquet pada anak tunadaksa di SLB YPAC melalui penerapan teknik modeling.

Keywords


Tunadaksa; Snack Bouquet; Teknik Modelling

References


Amelia, E., & Azizah, N. (2023). Implementasi Pembelajaran Keterampilan Vokasional untuk Anak Berkebutuhan Khusus : Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6127–6140.

Amin, Z. N. (2017). Portofolio Teknik-Teknik Konseling. Journal Mahasiswa UNNES.

Anatasiya, S. A., & Sartinah, E. P. (2017). Pembelajaran Langsung Terhadap Keterampilan Vokasional Siswa Tunadaksa di SMALB – D. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(1), 1–14.

Angel, N., & Iswari, M. (2023). Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Di SLB Negeri 2 Kota Padang ( Studi Deskriptif Kualitatif ). Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(3).

Diastamimi, M. S. (2021). PENGARUH TEKNIK MODELLING TERHADAP KETERAMPILAN VOKASIONAL DALAM PEMBUATAN BUKET BUNGA ANAK TUNADAKSA. 16(1).

Dwijayanti, I., Sriyatun, & Sumarno. (2024). KELAYAKAN MODUL EKSTRAKURIKULER CRAFTING BUKE DI SDIT QUNTUM MULIA. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(3).

Hakim, L., & Wahyudi, H. F. (2022). Teknik Modeling Konseling. CV. Haura Utama.

Khotimah, K. (2019). IMPLEMENTASI PROGRAM KETERAMPILAN VOKASIONAL BAGI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPN 1 SIDOREJO MAGETAN. Jurnal Pendidikan Khusus, 11(1), 1–20.

Melati, D. L., Minarsih, M. M., & Fathoni, A. (2016). PENGARUH PENDIDIKAN , KETERAMPILAN , BASIC SKILL TERHADAP KARIR UNTUK KEINGINAN BERPINDAH KERJA ( Studi Empiris di Kelurahan Jatingaleh Kecamatan Candisari Kota Semarang ). Journal of Management, 2(2).

Pangestu, A. A., Putri, H. K., Syarief, N. S., Filkhaqq, T. A., & Harjanti, G. Y. N. (2022). Karakteristik dan Model Pendidikan Bagii Anak Tunadaksa. Edification Journal : Pendidikan Agama Islam, 4(2), 275–285.

Primawati, Y. (2023). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Studies, 1(2), 1–10.

Rinandiyana, R. L. R., Badriatin, T., & Agustina, D. (2021). Pelatihan Kewirausahan dengan Bucket Snack sebagai Alternatif Buah Tangan. In CV. Penerbit Qiara Media.

Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALPABETA.

Yuwono, I. (2020). Penelitian SSR (Single Subjeck Research). PROGRAM STUDI PENDIDIKAN LUAR BIASA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT.

Zetta, Z. Z., & Rachim, H. A. (2021). Peran Dukungan Sosial Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tuna Daksa. Pengabdian Dan Penelitian Kepada Masyarakat, 2(2).


Article Metrics

 Abstract Views : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.