Upaya Meningkatkan Kemampuan Meronce Membuat Strap Phone Menggunakan Metode Project Based Learning pada Anak Tunagrahita Ringan

Vista Agustia Putri(1), Jon Efendi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v13i1.132961

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya seorang siswa tunagrahita ringan kelas VI di SLB Alhidayah Padang yang belum mampu menuntaskan sebuah pembelajaran keterampilan meronce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan keterampilan meronce siswa setelah diberikan tindakan berupa metode Project based learning. Penelitian sejumlah 2 siklus serta setiap siklus dilakukan sejumlah 4 pertemuan. Pada penelitian ini ditemukan bahwa Project based learning berhasil meningkatkan keterampilan meronce Strap Phone pada anak tunagrahita ringan. Hasil yang diperoleh siswa pada pertemuan disiklus I sudah menunjukkan peningatan meski belum berhasil mencapai target yang diinginkan, hasil yang diidapatkan siklus I secara berturut-turut ialah 45%, 55%, 60% dan 70%. Sedangkan pada siklus II siswa telah mampu mencapai target yang diharapkan. Adapun hasil yang diperoleh siswa pada empat pertemuan berturut-turut adalah 70%, 80%, 85% dan 90%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpilkan bahwa metode Project based learning terbukti mampu meningkatkan keterampilan meronce Strap phone pada siswa tunagrahita ringan.

Keywords


Strap phone; project based learning; tunagrahita ringan

References


Amini, N. A. (2016). Peningkatan Koordinasi Mata dan Tangan Pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang Melalui Metode direct Intruction Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyulam di SLB N Sleman.

Ermawati. (2013). Penerapan Metode Proyek dalam Meningkatkan Usia Anak 5 - 6 tahun. Kuswanto, C. W. (2021). Kegiatan Meronce Untuk Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5 - 6 Tahun.

Seprinawati, J. E. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Vokasional Membuat Sandal Kulit Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 2 Padang.

Siti Aminah, M. I. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membuat Pigura Manik-manik Melalui Meronce Bagi Anak Tunagrahita Ringan .

Amani, R., Luthfi, A., Maulidazani, F., Qomari, V. A., Umur, A., Mahdi, A., Taufan, J., Budi, S., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., & Padang, U. N. (2023). INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN TAHFIDZ UNTUK ANAK. 02, 33–43.

Astina, I. K. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN. 448–453.

Cahyadi, E., Dwikurnaningsih, Y., & Hidayati, N. (2019). Peningkatan hasil belajar tematik terpadu melalui model project based learning pada siswa sekolah dasar. 2(1), 205–218.

Efendi, J., & J, R. A. (2020). Efektivitas model outreach counseling dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(2), 105–111. https://doi.org/10.29210/146800

Fitriana, N., Arjunani, R. I., & Kurniawati, R. P. (2025). PELATIHAN PEMBUATAN AKSESORIS STRAP PHONE DAN KEYCHAIN DARI BEADS SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN JIWA. 10, 48–56.

Iswari, M. (2017). Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah dasar di SD N 17 Limau Manis Padang. 5, 156–162.

Kasar, M., Anak, P., & Ringan, T. (2016). Pengembangan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Keterampilan Motorik Kasar Pada Anak Tunagrahita Ringan. 4(April), 24–33.

Maranata, G., Sitanggang, D. R., Pakpahan, S. H., Prodi, M., Dosen, P., & Tarutung, I. (2023). Penanganan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tuna Grahita). 2(3), 11210–11217.

Mareza, L. (2003). Pendidikan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Sebagai Strategi Intervensi Umum Bagi Anak Berkebutuhan khusus. 35–38.

Rahman, A. (2023). Efektivtas Kemampuan Memasang Kancing Baju melalui Media Boneka Manekin untuk Anak Cerebral Palsy di Yayasan Rumah Gadang. 7, 16516–16519.

Simanjuntak, R. N., Budi, S., Iswari, M., & Zulpiani, M. (2025). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN QUIZ WORDWALL MATA UANG BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN a. 6(1), 442–454.

Sumardani, S., & Tresna, P. (2021). PENERAPAN BEADING EMROIDERY DENGAN KOMBINASI CABOCHON TECHNIQUE SEBAGAI HIASA PADA EVENING GOWN. 9(2), 128–140.

Tinova, A., & Ardisal. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Menggunakan Video Animasi pada Siswa Tunagrahita Ringan di Kelas V SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang. Jurnal Pendidikan, 32(2), 207–216. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3817

W, A. T., Sari, Y., & Sari, N. A. (2024). Penguatan Karakter Disiplin Siswa Melalui Peranan Guru Di Sekolah Dasar. 2(3), 928–933.

Yulianti, I., & Tsaputra, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Rambu - Rambu Lalu Lintas Pada Anak Tunagrahita Ringan Melalui Metode Pretend Play. 7(Supiyono 2018), 17576–17580.


Article Metrics

 Abstract Views : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.