Upaya Meningkatkan Kemampuan Meronce Membuat Strap Phone Menggunakan Metode Project Based Learning pada Anak Tunagrahita Ringan

(1) Universitas Negeri Padang 

(2) Universitas Negeri Padang 


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v13i1.132961
Abstract
Keywords
References
Amini, N. A. (2016). Peningkatan Koordinasi Mata dan Tangan Pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang Melalui Metode direct Intruction Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyulam di SLB N Sleman.
Ermawati. (2013). Penerapan Metode Proyek dalam Meningkatkan Usia Anak 5 - 6 tahun. Kuswanto, C. W. (2021). Kegiatan Meronce Untuk Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5 - 6 Tahun.
Seprinawati, J. E. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Vokasional Membuat Sandal Kulit Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 2 Padang.
Siti Aminah, M. I. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membuat Pigura Manik-manik Melalui Meronce Bagi Anak Tunagrahita Ringan .
Amani, R., Luthfi, A., Maulidazani, F., Qomari, V. A., Umur, A., Mahdi, A., Taufan, J., Budi, S., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., & Padang, U. N. (2023). INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN TAHFIDZ UNTUK ANAK. 02, 33–43.
Astina, I. K. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN. 448–453.
Cahyadi, E., Dwikurnaningsih, Y., & Hidayati, N. (2019). Peningkatan hasil belajar tematik terpadu melalui model project based learning pada siswa sekolah dasar. 2(1), 205–218.
Efendi, J., & J, R. A. (2020). Efektivitas model outreach counseling dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(2), 105–111. https://doi.org/10.29210/146800
Fitriana, N., Arjunani, R. I., & Kurniawati, R. P. (2025). PELATIHAN PEMBUATAN AKSESORIS STRAP PHONE DAN KEYCHAIN DARI BEADS SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN JIWA. 10, 48–56.
Iswari, M. (2017). Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah dasar di SD N 17 Limau Manis Padang. 5, 156–162.
Kasar, M., Anak, P., & Ringan, T. (2016). Pengembangan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Keterampilan Motorik Kasar Pada Anak Tunagrahita Ringan. 4(April), 24–33.
Maranata, G., Sitanggang, D. R., Pakpahan, S. H., Prodi, M., Dosen, P., & Tarutung, I. (2023). Penanganan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tuna Grahita). 2(3), 11210–11217.
Mareza, L. (2003). Pendidikan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Sebagai Strategi Intervensi Umum Bagi Anak Berkebutuhan khusus. 35–38.
Rahman, A. (2023). Efektivtas Kemampuan Memasang Kancing Baju melalui Media Boneka Manekin untuk Anak Cerebral Palsy di Yayasan Rumah Gadang. 7, 16516–16519.
Simanjuntak, R. N., Budi, S., Iswari, M., & Zulpiani, M. (2025). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN QUIZ WORDWALL MATA UANG BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN a. 6(1), 442–454.
Sumardani, S., & Tresna, P. (2021). PENERAPAN BEADING EMROIDERY DENGAN KOMBINASI CABOCHON TECHNIQUE SEBAGAI HIASA PADA EVENING GOWN. 9(2), 128–140.
Tinova, A., & Ardisal. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Menggunakan Video Animasi pada Siswa Tunagrahita Ringan di Kelas V SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang. Jurnal Pendidikan, 32(2), 207–216. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3817
W, A. T., Sari, Y., & Sari, N. A. (2024). Penguatan Karakter Disiplin Siswa Melalui Peranan Guru Di Sekolah Dasar. 2(3), 928–933.
Yulianti, I., & Tsaputra, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Rambu - Rambu Lalu Lintas Pada Anak Tunagrahita Ringan Melalui Metode Pretend Play. 7(Supiyono 2018), 17576–17580.
Article Metrics

Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.