Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kancing Huruf Yang Dimodifikasi Bagi Anak Disabilitas Intelektual Ringan Di SLB YPPC Painan
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130601
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media huruf yang dimodifikasi dapat meningkatkan kemampuan anak tunagrahita dalam mengenal huruf (b, d, g, dan j). Jenis penelitian ini menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain ABA sebagai subjek penelitian, yaitu anak cacat intelektual ringan kelas II C perempuan berinisial MCJ. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan dan tindakan serta visualisasi analisis data grafik garis yang meliputi analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Penelitian ini 16 pertemuan yang dibagi menjadi 3 fase: baseline (A1) yang terdiri dari 4 pertemuan, intervensi (B) 8 kali pertemuan; dan baseline (A2) yang terdiri dari 4 pertemuan. Berdasarkan hasil data yang diperoleh selama penelitian, ditarik kesimpulan bahwasanya media kancing huruf yang dimodifikasi mampu meningkatkan kemampuan mengenal huruf (b,dg, dan j) pada anak penyandang disabilitas intelektual ringan di SLB YPPC Painan.
Keywords
References
Ariani, F. (2022). Peningkatan kemampuan Mengenal Huruf Vocal dan Konsonan Melalui Permainan Kancing Huruf Pada Anak Kelompok B TK Poteumeureuhom Banda Aceh. Master Bahasa, 10(3), 31–44.
Armayanti, Y. (2013a). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL DAN KONSONAN MELALUI PERMAINAN KANCING HURUF PADA ANAK KELOMPOK B TK MASYITHOH NGASEM SEWON BANTUL YOGYAKARTA. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI JURUSAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH DAN SEKOLAH DASAR FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
Armayanti, Y. (2013b). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL DAN KONSONAN MELALUI PERMAINAN KANCING HURUF PADA ANAK KELOMPOK B TK MASYITHOH NGASEM SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi Jurusan Pendidikan Prasekolah dan Pendidikan DasarUniversitas Negeri Yogyakarta.
Budi, D. R. (2021). MODIFIKASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI. In Pendidikan Jasmani, FIkes Universitas Jenderal Soedirman.
Fadillah, N. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KATA MELALUI METODE DRILL BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS II SD NEGERI 060952 MEDAN. Jurnal PGSD, 8(1), 53–57.
Indra, P. R. C. (2021). Single Subject Research (teori dan implementasinya: suatu pengantar). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Kasiyati, G. kusumastuti. (2019). Perspektif Pendidikan Anak Tunagrahita. Padang : Sukabina Press.
Mashita Aini, Rahmah, R. F. (2012). PENGARUH MEDIA KANCING HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL DAN KONSONAN ANAK KELAS B. JOURNAL OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION, 13(1), 12–19.
Muhammad, F. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Rahim, F. (2007). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Widiastuti, Ni Luh Gede Karang, I. M. A. W. (2019). Prinsip Khusus dan Jenis Pelayanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan, 9(2), 117–126.
Yusrawati Jr Simatupang, F. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Permainan Kancing Huruf pada Anak Kelompok B TK Poteumeureuhom Banda Aceh. Jurnal Master Bahasa, 10(3), 31–44.
Yusril, S. S. M. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN KANCING HURUF KELOMPOK B TK NEGERI AMEABA KAB, NAGEKEO PROVINSI NTT. skripsi, prodi pendidikan guru pendidikan anak usia dini, fakultas keguruan ilmu pendidikan, Universitas Muhammadyah Makassar.
Article Metrics
Abstract Views : 55 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.