Meningkatkan Kemampuan Kosakata Benda Melalui Media Word Bingo Bergambar Pada Peserta Didik Disabilitas Rungu

Tri Mayzu Lestari Harahap(1), Zulmiyetri Zulmiyetri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130534

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan kosakata benda pada peserta didik disabilitas rungu Fase B di kelas V SLB Negeri Stabat, yang mempengaruhi kemampuan komunikasi dan pemahaman materi mereka. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan penguasaan kosakata benda melalui penggunaan media Word Bingo bergambar, yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan mempermudah pemahaman kosakata dengan visualisasi yang jelas dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahap utama: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, melibatkan lima peserta didik tunarungu. Media Word Bingo bergambar diterapkan dalam pembelajaran, dan data dikumpulkan melalui observasi, tes kosakata, serta wawanara dengan guru. Hasila penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ini secara signifikan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengenal kosakata benda. Pada Siklus I, nilai rata-rata peserta didik meningkat 58,7% dari skor awal, dan pada Siklus II, nilai meningkat 65,7% dari Siklus I. Peningkatan terlihat pada peserta didik seperti RP yang mencapai peningkatan 56,6%, BAS 58,6%, MA 45%, RZ 81,8%, dan EYP 100%. Temuan ini menegaskan bahwa media Word Bingo efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata benda serta meningkatkan keterlibatan dan rasa peraya diri peserta didik

Keywords


Kosakata, Word Bingo, disabilitas rungu

References


Ardhiyanti, P. (2017). Metode Bercerita Bermedia Pop-Up Book Terhadap Kemampuan. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–18. http://jurnalmahapeserta didik.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/25154

Ariyona, C. B., & Damri, D. (2019). Meningkatkan Kosakata Benda Melalui Media Pop Up Book Bagi Peserta didik Tunarungu Kelas I di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(1), 198–202.

Arsyad, A. (2020). Manfaat Media Pembelajaran. Media Pembelajaran. In Raja Grafindo Persada (Vol. 1). Raja Grafindo Persada.

Ary Sukanti, A. P. D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Karakteristik Dewa Tri Murti Dengan Media Halilintar Melalui Pendekatan Multisensori Bagi Peserta didik Tunarungu Kelas Ii Sdlb Di Slb N 1 Badung. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 9(1), 54–63. https://doi.org/10.25078/gw.v9i1.24

Chakraborty, P., & Bhunia, S. (2022). BINGO: brain-inspired learning memory. Neural Computing and Applications, 34(4), 3223–3247. https://doi.org/10.1007/s00521-021-06484-8

Dilivia, A. Z., Febriyanto, L., & Ginanjar, B. (2023). Pergeseran Makna Kosakata Flora Dalam Metafora Di Media Sosial Twitter: Kajian Semantik. Linguistik Indonesia, 41(1), 75–88. https://doi.org/10.26499/li.v41i1.418

Fitzpatrick. (1995). A Teacher’s Guide to Practical Pronounciation. International Distributors.

Gunafin, M. M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Kerja Melalui Penggunaan Media Word bingo Pada Peserta Didik Tunarungu Kelas V SLB Negeri 3 Jakarta. 1–8. http://repository.unj.ac.id/1336/%0Ahttp://repository.unj.ac.id/1336/3/SKRIPSI.pdf

Habibi, M., Zikri, A., Chandra, Suriani, A., & Azima, N. F. (2023). Media Papan Cerita Rumpang Berbasis Educational Mobile Game untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Peserta didik Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 3004–3019. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8193

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Henilia. (2023). Pengaruh Kosakata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 532–536.

Holidazia, R., & Rodliyah, R. S. (2020). Strategi Peserta didik dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 111–120. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i1.24562

KBBI. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia,” in Kamus Besar Bahasa Indonesia. In Kamus Besar Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. https://www.kbbi.web.id/

Kurniawati, W., & Karsana, D. (2020). Aspek Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia oleh Peserta didik Sekolah Dasar di Kota Medan. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 286. https://doi.org/10.26499/rnh.v9i2.2977

Pujiwati, S. (2012). Tunarungu Melalui Metode Maternal Reflektif Di. 1, 142–151.

Rachmayana, D. (2013). Diantara Pendidikan Luar Biasa Menuju Masa. Depan yang Inklusif. Luxima Metro Media.

Rahmaniah, S., Salam, U., Wardah, W., Regina, R., & Rezeki, Y. S. (2024). The Use of Bingo Game in Teaching Vocabulary to The Seventh Grade Students. Journal of English as a Foreign Language Education (JEFLE), 3(2), 39. https://doi.org/10.26418/jefle.v3i2.61249

Rais, F. R., Bachtiar, I. G., & Hasmayati, E. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran dalam Memahami Kosakata Benda di Masa Pandemi Pada Peserta didik Tunarungu Kelas 2. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 36–46. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i1.566

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413

Guntingtra, A. H. (2016). Peningkatan Penguasaan Kosakata Menggunakan Metode Guided Discovery Pada Peserta didik Tunarungu Kelas IV Di Sekolah Luar Biasa Wiyata Dharma I Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2021). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.

Suprijono, A. (2017). Cooperative Learning teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.

Wahyudi, B. (2022). Kemampuan Numerasi Pada Peserta didik Tunarungu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(11), 1034–1041. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i11.1243

Wibowo, D. C., Ocberti, L., & Gandasari, A. (2021). Studi Kasus Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Di Sd Negeri 01 Nanga Merakai. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i1.974


Article Metrics

 Abstract Views : 51 times
 PDF Downloaded : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.