Meningkatkan Kemampuan Kosakata Benda Melalui Media Word Bingo Bergambar Pada Peserta Didik Disabilitas Rungu
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130534
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Ardhiyanti, P. (2017). Metode Bercerita Bermedia Pop-Up Book Terhadap Kemampuan. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–18. http://jurnalmahapeserta didik.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/25154
Ariyona, C. B., & Damri, D. (2019). Meningkatkan Kosakata Benda Melalui Media Pop Up Book Bagi Peserta didik Tunarungu Kelas I di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(1), 198–202.
Arsyad, A. (2020). Manfaat Media Pembelajaran. Media Pembelajaran. In Raja Grafindo Persada (Vol. 1). Raja Grafindo Persada.
Ary Sukanti, A. P. D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Karakteristik Dewa Tri Murti Dengan Media Halilintar Melalui Pendekatan Multisensori Bagi Peserta didik Tunarungu Kelas Ii Sdlb Di Slb N 1 Badung. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 9(1), 54–63. https://doi.org/10.25078/gw.v9i1.24
Chakraborty, P., & Bhunia, S. (2022). BINGO: brain-inspired learning memory. Neural Computing and Applications, 34(4), 3223–3247. https://doi.org/10.1007/s00521-021-06484-8
Dilivia, A. Z., Febriyanto, L., & Ginanjar, B. (2023). Pergeseran Makna Kosakata Flora Dalam Metafora Di Media Sosial Twitter: Kajian Semantik. Linguistik Indonesia, 41(1), 75–88. https://doi.org/10.26499/li.v41i1.418
Fitzpatrick. (1995). A Teacher’s Guide to Practical Pronounciation. International Distributors.
Gunafin, M. M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Kerja Melalui Penggunaan Media Word bingo Pada Peserta Didik Tunarungu Kelas V SLB Negeri 3 Jakarta. 1–8. http://repository.unj.ac.id/1336/%0Ahttp://repository.unj.ac.id/1336/3/SKRIPSI.pdf
Habibi, M., Zikri, A., Chandra, Suriani, A., & Azima, N. F. (2023). Media Papan Cerita Rumpang Berbasis Educational Mobile Game untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Peserta didik Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 3004–3019. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8193
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Henilia. (2023). Pengaruh Kosakata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 532–536.
Holidazia, R., & Rodliyah, R. S. (2020). Strategi Peserta didik dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 111–120. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i1.24562
KBBI. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia,” in Kamus Besar Bahasa Indonesia. In Kamus Besar Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. https://www.kbbi.web.id/
Kurniawati, W., & Karsana, D. (2020). Aspek Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia oleh Peserta didik Sekolah Dasar di Kota Medan. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 286. https://doi.org/10.26499/rnh.v9i2.2977
Pujiwati, S. (2012). Tunarungu Melalui Metode Maternal Reflektif Di. 1, 142–151.
Rachmayana, D. (2013). Diantara Pendidikan Luar Biasa Menuju Masa. Depan yang Inklusif. Luxima Metro Media.
Rahmaniah, S., Salam, U., Wardah, W., Regina, R., & Rezeki, Y. S. (2024). The Use of Bingo Game in Teaching Vocabulary to The Seventh Grade Students. Journal of English as a Foreign Language Education (JEFLE), 3(2), 39. https://doi.org/10.26418/jefle.v3i2.61249
Rais, F. R., Bachtiar, I. G., & Hasmayati, E. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran dalam Memahami Kosakata Benda di Masa Pandemi Pada Peserta didik Tunarungu Kelas 2. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 36–46. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i1.566
Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413
Guntingtra, A. H. (2016). Peningkatan Penguasaan Kosakata Menggunakan Metode Guided Discovery Pada Peserta didik Tunarungu Kelas IV Di Sekolah Luar Biasa Wiyata Dharma I Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2021). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.
Suprijono, A. (2017). Cooperative Learning teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.
Wahyudi, B. (2022). Kemampuan Numerasi Pada Peserta didik Tunarungu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(11), 1034–1041. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i11.1243
Wibowo, D. C., Ocberti, L., & Gandasari, A. (2021). Studi Kasus Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Di Sd Negeri 01 Nanga Merakai. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i1.974
Article Metrics
Abstract Views : 51 timesPDF Downloaded : 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.