Efektivitas Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Penjumlahan 50 – 100 pada Anak Cerebral Palsy

Priscilia Islamia(1), Nurhastuti Nurhastuti(2), Damri Damri(3), Ardisal Ardisal(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130521

Full Text:    Language : en

Abstract


Artikel ini membahas tentang efektivitas multimedia interaktif berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan 50-100 pada peserta didik Cerebral Palsy. Penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A1 (Baseline) - B (Intervensi) -A2 (Baseline). Data dianalisis dengan Teknik analisis visual grafik. Teknik dalam pengumpulan data berupa tes dan alat pengumpulan data soal tes. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik Cerebral Palsy di Kelas 4 SLB Al- Azhar Bukittinggi. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi baseline (A1) yang dilakukan sebanyak tiga kali pengamatan dan memperoleh persentase 20,40%,40%,40%. Pada kondisi Intervensi (B) yang dilakukan sebanyak tujuh kali pengamatan dengan memperoleh
persentase 40%,70%,100%,100%,100% dan pada kondisi baseline (A2) yang dilakukan sebanyak tiga kali pengamatan siswa memperoleh persentase 100%,100%,100%,100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kemampuan mengenal lambang bilangan 50-100 meningkat melalui multimedia interaktif berbasis aplikasi canva bagi peserta didik cerebral palsy kelas 4.


Keywords


Multimedia Interaktif, Canva, Penjumlahan, Cerebral Palsy

References


Alvyenti, P., Mahdi, A., Kunci:, K., Balok, A. ;, & Bilangan Bulat, A. ; (2023). Efektivitas Media

Balok Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat Puluhan bagi

Anak Attention Deficit Hyperactivy Disorder. Efektivitas Media Balok Angka Dalam

Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat Puluhan Bagi Anak Attention

Deficit Hyperactivy Disorder, 11, 1–9.

Aviqtry, & Nurhastuti, N. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Dalam

Meningkatkan. 2(2), 326–331.

http://repository.unp.ac.id/51836/1/B1_2_AVIQTRY_20003004_734_2024.pdf

Faira, Y., & Nurhastuti, N. (2022). Efektifitas Penggunaan Multimedia Interaktif dalam

Peningkatkan Pembelajaran Bangun Datar Bagi Siswa Tunadaksa. Jurnal Penelitian

Pendidikan Khusus, 10, 7–14.

Indra, P. R. C. (2021). Single Subject Research (teori dan implementasinya: suatu pengantar). In

Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/24309

Iswari, M., & Nurhastuti. (2000). Determinasi Gerak Dasar dan Irama di Dalam Kegiatan

Belajarn dan Mengajar Bilangan Cacah 0-20 Aanak Tunagrahitan Kelas D.2 DI SLB

Perwari Kota Padang.

.הכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. ,8.5.2017 2003–2005Title No .)2022 (.Lara

Marlina. (2021). Single Subject Research Penelitian Subjek Tunggal (Issue 1). Universitas Negeri

Padang.

file:///C:/Users/ASUS/Downloads/2021_SSR_Penelitian_Subjek_Tunggal_Bu_Marlina.pdf

Nurhastuti. (2019). Perspektif Pendidikan Anak Tunadaksa.

http://repository.unp.ac.id/21924/1/BAHAN AJAR BUK NURHASTUTI.pdf

Nurhastuti, Kasiyati, Zulmiyetri, & Irdamurni. (2019). Need assessment of parents of children with

cerebral palsy observed from family counselling. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 197–207.

Nurhastuti, N., Iswari, M., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Irdamurni, I. (2019). Analysis of the

Needs of Parents Who Have Cerebral Palsy Children Reviewed from the Family Counseling.

(Icet), 700–702. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.169

Nurhastuti, N., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., Iswari, M., Irdamurni, I., & Oktaviani, J. N. (2022).

The Effectiveness of Family Counseling Based on the Quality of Family Life to Increase the

Independence of Cerebral Palsy Children During the COVID-19 Pandemic. 668, 121–124.

Rizky, V. M., & Nurhastuti, N. (2024). Effectiveness of Counting Box Learning Media to Improve

the Ability to Sum Numbers 1-10 for Children with Cerebral Palsy. Edumaspul: Jurnal

Pendidikan, 8(1), 302–306. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.7590

Rohman & Syaifudin, N. A. (2021). kemampuan pemahaman konsep pada pembejaran matematika

menggunakan metode penemuan terbimbing di SMA Negeri 14 Palembang. Kemampuan

Pemahaman Konsep Pada Pembejaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan

Terbimbing Di SMA Negeri 14 Palembang, 5, 165–173.

Sucitra, S. D., & Nurhastuti. (2023). Efektifitas Apllikasi Math Master Kids untuk Meningkatkan

Kemampuan Penjumlahan Bilangan Cacah bagi Anak Tunadaksa Kelas III di SDN 28

Sijunjung. 7, 16558–16563.

Tati, S. S., & Iswari, M. (2021). Efektifitas Permainan Fuinthinker untuk Meningkatkan

Kemampuan Berhitung 1- 10 pada Anak Autisme di SLB Autisma Mutiara Bangsa Pratama

Padang Solmita Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus.


Article Metrics

 Abstract Views : 31 times
 PDF Downloaded : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.