Efektivitas Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Penjumlahan 50 – 100 pada Anak Cerebral Palsy
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130521
Full Text: Language : en
Abstract
Artikel ini membahas tentang efektivitas multimedia interaktif berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan 50-100 pada peserta didik Cerebral Palsy. Penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A1 (Baseline) - B (Intervensi) -A2 (Baseline). Data dianalisis dengan Teknik analisis visual grafik. Teknik dalam pengumpulan data berupa tes dan alat pengumpulan data soal tes. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik Cerebral Palsy di Kelas 4 SLB Al- Azhar Bukittinggi. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi baseline (A1) yang dilakukan sebanyak tiga kali pengamatan dan memperoleh persentase 20,40%,40%,40%. Pada kondisi Intervensi (B) yang dilakukan sebanyak tujuh kali pengamatan dengan memperoleh
persentase 40%,70%,100%,100%,100% dan pada kondisi baseline (A2) yang dilakukan sebanyak tiga kali pengamatan siswa memperoleh persentase 100%,100%,100%,100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kemampuan mengenal lambang bilangan 50-100 meningkat melalui multimedia interaktif berbasis aplikasi canva bagi peserta didik cerebral palsy kelas 4.
Keywords
References
Alvyenti, P., Mahdi, A., Kunci:, K., Balok, A. ;, & Bilangan Bulat, A. ; (2023). Efektivitas Media
Balok Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat Puluhan bagi
Anak Attention Deficit Hyperactivy Disorder. Efektivitas Media Balok Angka Dalam
Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat Puluhan Bagi Anak Attention
Deficit Hyperactivy Disorder, 11, 1–9.
Aviqtry, & Nurhastuti, N. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Dalam
Meningkatkan. 2(2), 326–331.
http://repository.unp.ac.id/51836/1/B1_2_AVIQTRY_20003004_734_2024.pdf
Faira, Y., & Nurhastuti, N. (2022). Efektifitas Penggunaan Multimedia Interaktif dalam
Peningkatkan Pembelajaran Bangun Datar Bagi Siswa Tunadaksa. Jurnal Penelitian
Pendidikan Khusus, 10, 7–14.
Indra, P. R. C. (2021). Single Subject Research (teori dan implementasinya: suatu pengantar). In
Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/24309
Iswari, M., & Nurhastuti. (2000). Determinasi Gerak Dasar dan Irama di Dalam Kegiatan
Belajarn dan Mengajar Bilangan Cacah 0-20 Aanak Tunagrahitan Kelas D.2 DI SLB
Perwari Kota Padang.
.הכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. ,8.5.2017 2003–2005Title No .)2022 (.Lara
Marlina. (2021). Single Subject Research Penelitian Subjek Tunggal (Issue 1). Universitas Negeri
Padang.
file:///C:/Users/ASUS/Downloads/2021_SSR_Penelitian_Subjek_Tunggal_Bu_Marlina.pdf
Nurhastuti. (2019). Perspektif Pendidikan Anak Tunadaksa.
http://repository.unp.ac.id/21924/1/BAHAN AJAR BUK NURHASTUTI.pdf
Nurhastuti, Kasiyati, Zulmiyetri, & Irdamurni. (2019). Need assessment of parents of children with
cerebral palsy observed from family counselling. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 197–207.
Nurhastuti, N., Iswari, M., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Irdamurni, I. (2019). Analysis of the
Needs of Parents Who Have Cerebral Palsy Children Reviewed from the Family Counseling.
(Icet), 700–702. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.169
Nurhastuti, N., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., Iswari, M., Irdamurni, I., & Oktaviani, J. N. (2022).
The Effectiveness of Family Counseling Based on the Quality of Family Life to Increase the
Independence of Cerebral Palsy Children During the COVID-19 Pandemic. 668, 121–124.
Rizky, V. M., & Nurhastuti, N. (2024). Effectiveness of Counting Box Learning Media to Improve
the Ability to Sum Numbers 1-10 for Children with Cerebral Palsy. Edumaspul: Jurnal
Pendidikan, 8(1), 302–306. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i1.7590
Rohman & Syaifudin, N. A. (2021). kemampuan pemahaman konsep pada pembejaran matematika
menggunakan metode penemuan terbimbing di SMA Negeri 14 Palembang. Kemampuan
Pemahaman Konsep Pada Pembejaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan
Terbimbing Di SMA Negeri 14 Palembang, 5, 165–173.
Sucitra, S. D., & Nurhastuti. (2023). Efektifitas Apllikasi Math Master Kids untuk Meningkatkan
Kemampuan Penjumlahan Bilangan Cacah bagi Anak Tunadaksa Kelas III di SDN 28
Sijunjung. 7, 16558–16563.
Tati, S. S., & Iswari, M. (2021). Efektifitas Permainan Fuinthinker untuk Meningkatkan
Kemampuan Berhitung 1- 10 pada Anak Autisme di SLB Autisma Mutiara Bangsa Pratama
Padang Solmita Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus.
Article Metrics
Abstract Views : 31 timesPDF Downloaded : 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.