Meningkatkan Kemandirian Menggosok Gigi Anak Tunagrahita Menggunakan Media Tutorial

Muhammad Wira Samudhra(1), Setia Budi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130353

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Tunagrahita di SLB Negeri 1 Binjai, dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait tentang kemandirian menggosok gigi. Subjek penelitian terdiri dari dua orang anak tunagrahita yang berinisial C dan RP. Hasil dari pengamatan yang penulis lakukan terlihat dalam pembelajaran program khusus pada kurikulum merdeka dengan elemen merawat diri pada fase A dengan tujuan pembelajaran anak mampu menggosok gigi. Terlihat anak menunjukkan kurang mampu dalam menggosok gigi yang dilakukan dengan sendiri. Berdasarkan hasil asesmen kemampuan awal didapatkan interpretasi hasil analisis tugas anak tunagrahita ringan dalam menggosok gigi, C memperoleh nilai 37% dan RP memperoleh nilai 45%. Sehubungan dengan permasalahan diatas peneliti tertarik membantu anak tunagrahita dalam meningkatkan kemandirian menggosok gigi dengan menggunakan media berbasis digital seperti video tutorial. Peneliti ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini peneliti menggunakan sistem desain siklus yang di dalamnya terdapat komponen perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian siklus I dilaksanakan dengan empat kali pertemuan, nilai yang diperoleh setiap peserta didik pada pertemuan keempat yaitu C 65% dan RP 62,5% Penulis Bersama kolaborator menyimpulkan bahwa pada kegiatan pelaksanaan tindakan siklus I belum semua peserta didik mendapatkan hasil yang optimal maka dari itu pelaksanaan Tindakan penelitian dilanjutkan pada siklus II. Hasil pengukuran kemampuan setiap peserta didik pada pertemuan keempat siklus II yaitu C 92,5% dan RP 90%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian siswa tunagrahita dalam menggosok gigi, dengan tujuan mencapai nilai yang optimal dan memuaskan seperti yang diharapkan.

Keywords


Menggosok gigi, Anak Tunagrahita, Video Tutorial

References


Affandi, A., & Pratiwi, U. H. (2014). Faktor-Faktor Penyebab terjadinya Gangguan spektrum autisme pada Anak Di Kota Cirebon. Tunas Medika Jurnal Kedokteran & Kesehatan, 1(2).

Affandi, F. (2020). Fungsi Uang Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Eksya: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 82–91.

Alfirzan, A., Nasri, Y., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan Pendidikan serta Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1521–1529.

Anggraini, D. (2020). PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 14 KOTA JAMBI PADA MATERI POLA BILANGAN. FKIP.

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23–32.

Azwandi, Y. (2005). Mengenal dan membantu penyandang gangguan spektrum autisme. Jakarta: Depdiknas.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Warta Dharmawangsa, 56.

Habau, S. D. N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Permainan Kartu di Kelas II SDN Habau Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan, 4(2).

Al Haddar, G., & Juliano, M. A. (2021). Analisis media pembelajaran Quizizz dalam pembelajaran daring pada siswa tingkat sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4794-4801.

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMA di Bogor Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2).

Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2022). Strategi Guru untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3).

Isnawan, M. G., & Wicaksono, A. B. (2018). Model desain pembelajaran matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 47–52.

Maghfiroh, R. U. (2019). Konsep nilai waktu dari uang dalam sudut pandang ekonomi Islam. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 9(2), 186–195.

Marienzi, R. (2012). Meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka melalui metode multisensori bagi anak gangguan spektrum autis. Jurnal penelitian Pendidikan khusus, 1(3).

Marlina, M., & Mukhsim, M. (2020). Asesmen Akademik: Panduan Praktis bagi Guru dan Orang Tua.

Nasaruddin, N. (2013). Karakterisik dan ruang lingkup pembelajaran matematika di sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 63–76.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.

Rajagukguk, M. (2021). Inovasi Penilaian Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Era Revolution Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp. 45-50). FBS Unimed Press.

Rusman, M. P. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media.

Rusmana, I. M. (2020). Pembelajaran matematika menyenangkan dengan aplikasi kuis online Quizizz. Prosiding Sesiomadika, 2(1a).

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat matematika: kedudukan, peran, dan persepektif permasalahan dalam pembelajaran matematika. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15–28.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163–173.

Sari, S. W. (2016). Perkembangan dan pemikiran uang dari masa ke masa. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 1–39.

Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 11–18.

Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(1), 42-51.


Article Metrics

 Abstract Views : 76 times
 PDF Downloaded : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.