Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak Disabilitas Intelektual di SLB Perwari

Indra Bakti(1), Zulmiyetri Zulmiyetri(2), Mega Iswari(3), Setia Budi(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130352

Full Text:    Language : en

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan pola asuh orangtua terhadap motivasi belajar anak disabilitas intelektual di SLB Perwari. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan model korelasional. Populasi dalampenelitian ini adalah anak disabilitas intelektual dan sampel dalam penelitian ini adalah guru dan orang tua yang memiliki anak disabilitas intelektual di SLB Perwari Padang. Instrument tes dalam penelitian ini adalah angket pola asuh orang tua dan angket motivasi belajar. Teknik analisis menggunakan product moment. Hasil penelitian adalah terdapat hubungan yang berarti antara pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar penyandang diselektual di SLB Perwari KotaPadang, dengan hasil r-hitung (0,896) > r-tabel (0,497). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua sangat dibutuhkan oleh anak disabilitas intelektual dalam motivasi belajar.


Keywords


Pola Asuh, orang tua, Motivasi Belajar, Disabilitas Intelektual

References


DAFTAR RUJUKAN

Awalliah, S. H., Patras, Y. E., & Suchyadi, Y. (2023). Upaya Guru Kelas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Gambar Pada Anak Tunagrahita. Jurnal Pgsd: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(2), 113–117.

Chusna, M. P., Efendi, M., Pendidikan, J., Biasa, L., & Pendidikan, I. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita Di Slb Bc Dharma Wanita 03 Malang. 16(1), 97–102. Http://Dx.Doi.Org/10.26877/Mpp.V16i1.12119

Haryono, S. E. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Dan Kemampuan Regulasi Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Warna: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(1), 1–10.

Isnanto, I., & Sugito, B. H. (2022). Correlation Analysis Between Parenting Patterns And Ability To Keep Independent Dental And Oral Cleanliness For Mentally Retarded Children. International Journal Of Advanced Health Science And Technology, 2(1), 32–38.

Mingkol, M., & Hatmoko, T. L. (2022). Kepemimpinan Servant Leadership Dan Motivasi Orang Muda Dalam Meningkatkan Pendampingan Anak Tunagrahita Di Komunitas Alma Puteri Malang. Jurnal Pelayanan Pastoral, 33–40.

Nawangsari, T. A. (2023). Modul Ajar Kelas Iii Sdlb Autis Program Khusus Fase B Cuci Tangan 6 Langkah.

Pulungan, Z. S., Purnomo, E., & Baharuddin, N. A. (2019). Pola Asuh Orang Tua Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak Tunagrahita. Jurnal Kesehatan Manarang, 5(1), 7–13.

Septiani, D. R., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Maret, U. S. (2017). Kemampuan Activity Daily Living Anak Tunagrahita Di Slb C Ypslb Kerten. April.

Sukmawati, I., & Faoziah, D. Y. N. (2022). The Relationship Of Mothering Pattern With The Social Development Of Mentally Retarded Children. Science Midwifery, 10(4), 3065–3068.

Wahyuni, E. N. (2020). Motivasi Belajar. Diva Perss.

Yulia, O. :, & Sutadi, F. (2016). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Status Gizi Anak Tunagrahita Mampu Didik Kelas Dasar Di Slb C Budi Asih Wonosobo The Correlation Between Parental Attitudes Pattern And Nutritional Status Of The First Grade Educable Mentally Retarded Students In Slb C B. Hubungan Pola Asuh…..(Yulia Fitriyani S.), 1, 1–8.


Article Metrics

 Abstract Views : 43 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.