Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Wordwall bagi Anak Disabilitas Intelektual Ringan

M. Rifqi El Haq Hasibuan(1), Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130273

Full Text:    Language : en

Abstract


Masalah penelitian ini yaitu kurangnya nilai belajar siswa dalam mata pelajaran matematika menganal lambang bilangan 11 hingga 20 melalui penggunaan media Wordwall untuk anak penyandang disabilitas intelektual ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran mengenali simbol angka dari 11 hingga 20 bagi anak penyandang disabilitas intelektual ringan di kelas V di SLB Negeri Tebing Tinggi dan untuk menunjukkan bahwa media wordwall dapat meningkatkan kemampuan ini. Studi ini menggunakan metodologi penelitian tindakan kelas yang melibatkan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Empat siswa dengan disabilitas intelektual ringan berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil menunjukkan peningkatan kemampuan siswa untuk mengenali simbol angka dari 11 menjadi 20 melalui penggunaan media wordwall,yang pada pertemuan di kedua di setiap siklus I dan II menunujukkan peningkatan yaitu RF 65% dan MI 70% sedangkan siswa A 50% dan AYM 55%, dan A 85%, AYM 90%, RF 100% dan MI 100%. Kemampuan awal siswa masih rendah, tetapi kemajuan yang signifikan diamati selama dua siklus. Dapat disimpulkan bahwa menggunakan media wordwall meningkatkan pengenalan simbol angka pada anak dengan disabilitas intelektual ringan.


Keywords


wordwall, disabilitas intelektual ringan, lambang bilangan

References


Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Humaira, D. (2012). Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Sabiluna Pariaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 95–109.

Iswari, M., Haryeti, E., & Sopandi, A. A. (2013). Meningkatkan Keterampilan Membuat Palai Rinuak Melalui Metode Latihan Pada Anak Tunagrahita Ringan. E-JUPEKhu (JURNAL), 2(3), 537–547.

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2020). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177–180.

Rustami, S., & Taufan, J. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 Sampai 5 Menggunakan Media Balok Cuisenaire Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3947–3951.

Sopanadi, A. A., & Annisa. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Membatik Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB N 1 Padang pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus (JUPPEKHU), 9(1), 19–24.

Usti, A. (2013). Meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui bermain pancing angka bagi anak tunagrahita ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 478–488.

Widada, W. (2014). Implementasi Pendidikan Agama Islam Adaptif Bagi Siswa Smalb Tunagrahita Ringan Kelas X Di Slb Negeri Pembina Yogyakart. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 2(1), 84–105.


Article Metrics

 Abstract Views : 104 times
 PDF Downloaded : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.