Peningkatan Kemampuan Mengenal Bagian Tumbuhan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Bagi Peserta Didik Tunagrahita

Ery Noviana Saragih(1), Nurhastuti Nurhastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130271

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bagian tumbuhan yaitu akar, batang, dan daun menggunakan model pembelajaran kontekstual di kelas III tunagrahita SLB Negeri Autis Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka yang dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan mengenal bagian tumbuhan bagi peserta didik tunagrahita di kelas III SLB Negeri Autis Sumatera Utara. Kemampuan awal peserta didik AT adalah 8,3% dan meningkat menjadi 83,3%; kemampuan awal peserta didik AR adalah 16,7% dan meningkat menjadi 91,67%, sedangkan kemampuan awal peserta didik FS adalah 33% dan meningkat menjadi 100%.

Keywords


Tunagrahita, tumbuhan, model pembelajaran, kontekstual

References


Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al-Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, I(3), 1–6.

Armaini, Budi, S., Nurhastuti, & Iswari, M. (2022). Model Rencana Pelaksanaan untuk Optimalisasi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Basicedu, 6(6), 10238 – 10248.

Hasibuan, M. I. (2014). Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning) Oleh. LOGARITMA, II(01), 1–12.

Hati, Y. S., & Nurhastuti. (2023). Peningkatan Keterampilan Memasang Jilbab dengan Metode Forward Chaining pada Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16912 – 16917.

Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Maurelia, A., Nurhastuti, & Agusta, R., (2023). Peningkatan Pembelajaran Mengenal Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Bagi Siswa Tunagrahita. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 11(2), 72 – 76.

Nofrihensi, S., Iswari, M., Nurhastuti, Kusumastuti, G., & Safaruddin. (2023). Efektivitas Game Edukasi dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 11(2), 130 -135

Nurmeliawati, T. (2016). Modul Guru Pembelajar SLB Tunagrahita (Z. Alimin (ed.)). Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan.

Saraswati, S. (2021). Tahapan PTK. In A. H. Prasetyo (Ed.), Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Lengkap dan Praktis (pp. 49–60). CV. Adanu Abimata

Siddiq, A., & Nurhastuti. (2023). Efektifitas Media Talking Stick dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nilai Mata Uang bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 11(2), 235 – 240.

Siregar, A. A., Nurhastuti, & Agusta, R. (2023). Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Rotasi Bumi bagi Peserta Didik Tunagrahita. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 11(2), 85 – 92.

Taufan, J., Sari, R. N., & Nurhastuti. (2018). Penanganan Perilaku Seksual Pada Remaja Tunagrahita di Panti Sosial Bina Grahita Harapan Ibu Kalumbuk Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2, 2 – 5.


Article Metrics

 Abstract Views : 47 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.