Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Menggunakan Media Berbasis Android bagi Anak Tunagrahita
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130232
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Arvita, E. putri, Nurhastuti, N., Damri, D., & Setia, B. (2023). Penggunaan Aplikasi Secil Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Angka 11-20 Pada Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.7 No 3(2614-3097(online)), 23056–23061. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10254
Anggoro, Bambang S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving Untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6 No 2, 122-129
Dewi, Lestari. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Pada Anak Kelompok A Di Tk Aba Jimbung I, Kalikotes, Klaten. Skripsi.Jurusan Pendidikan Pra Sekolah Dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitasnegeri Yogyakarta
Fahrur, RD. (2020). Game Edukasi Penghitungan Angka Dasar Dan Uang Pada Anak Disabilitas Pendengaran Sekolah Luar Biasa Bc Mitra Amanda Banyudono.
Fitriyanti. (2015) dengan judul penelitian Meningkatkan kemampuan mengenal angka 1 – 10 dengan media gambar asosiatif di kelompok b tk budi rahayu. https://eprints.uny.ac.id/26479/1/SKRIPSI%.pdf.
Fransiska. JMM & Setia Budi, (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode Syllabic Method bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research kelas IV di SLBN Simalungun). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/119450.
Gustina, M., & Nurhastuti, N. (2024). Efektivitas Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Pengurangan pada Siswa Cerebral Palsy. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8 Nomor 1(2614-3097(online)), 6675–6681. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13429
Hutauruk , Agusmanto J.B. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Resiliensi Matematis Mahasiswa Melalui Model Problem-Based Learning Dengan Pendekatan Metakognitif Universitas Pendidikan Indonesia| repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
Khairina, K., Iswari, M., Nurhastuti, N., & Kusumastuti, G. (2024). Efektivitas Media Interaktif Berbasis Power Point dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Benda untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 17200–17206.
Maya UD, (2021). Berikut Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Android. Universitas Sains dan teknologi komputer. https://sistem-informasi- s1.stekom.ac.id/informasi/
Meilani P & S. Budi. 2022. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media flip chart Bagi Anak Tunagrahita . https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/119441/0
Meryana, Fauzi. (2021) Pengaruh Metode Discovery Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Kalirejo Lampung Tengah. http://repository.radenintan.ac.id/13707/2/ PUSAT%201%202.pdf
Mega Iswari, & Nurhastuti, N. (2000). Determinasi Gerak dan Irama di dalam Kegiatan Belajar dan Mengajar Bilangan
Moleong, Lexy J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya
Nofrihensi, S., Iswari, M., Nurhastuti, N., Kusumastuti, G., & Safaruddin, S. (2023). Efektivitas Game Edukasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 11(2), 130–135.
Oktaviani, Sumekar. 2015. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vocal Melalui Metode Jarikubaca Bagi Anak Tunagrahita Kelas II di SLBN Manggis Ganting Bukittinggi. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu
Ramadani, & Nurhastuti. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Maze Angka Dalam Peningkatan Hasil Belajar Bagi Anak Tunadaksa Kelas III (Single Subject Research di SLB Bina Bangsa Padang). JUPEKhu. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/juppekhu1180530.64
Sari., Sri riska ade permana, Nurhastuti, N., & Fitriani. (2024). Meningkatkankemampuan mengenal pecahan pada anak tunagrahita melalui metode Guided Discovery. Disability Studies Journal, 2 no. 1(2024–9600), 8–14. https://doi.org/https://doi.org/10.62385/literal.v2i01.101
Saif Ahammad. (2023). Belajar Huruf dan Angka. Jakarta. Annisa Cipta Informatika
Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Media Grup. Suyadi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Syarif, HM . (2015). Penggunaan Media Teks Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tunagrhita Kelas III DI SLB Negeri 1 Gowa. Jurnal Orto Didaktika Volume, 1 Nomor 1 November 2022 Hal. 1-7.
Yeni Solfiah (2022) membahas tentang Games Edukatif Berbasis Android untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Zuriah, Nurul. (2003). Penelitian Tindakan Dalam Bidang Pendidikan Dan Sosial.Malang: Bayu Media
Article Metrics
Abstract Views : 47 timesPDF Downloaded : 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.