Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Penggunaan Media Pop-Up Book pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan

Auliya Azzahra(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130225

Full Text:    Language : 

Abstract


Penelitian dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada siswa kelas III Disabilitas Intelektual di SLB Negeri Autis Sumatera Utara. Menghadapi tantangan rendahnya hasil belajar matematika karena dominasi metode ceramah yang kurang membangkitkan minat siswa, peneliti menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan media Pop-Up Book. Melalui dua siklus dengan empat tahapan masing-masing, penelitian ini melibatkan dua siswa, AH dan SH, yang awalnya memiliki kemampuan rendah dalam mengenal lambang bilangan 1-10. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dari siklus ke siklus: dari awalnya 35% menjadi 88% untuk AH dan dari 30% menjadi 82% untuk SH. Kesimpulannya, pendekatan ini berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal lambang bilangan secara substansial, dengan peningkatan sebesar 53% untuk AH dan 52% untuk SH, menunjukkan efektivitas media Pop-Up Book dalam membangkitkan minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika

Keywords


Media Pop-up Book, Lambang Bilangan, Disabilitas Intelektual

References


Amka. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuha Khusus. In Dr.H.Amka, M.si (Vol. 5, Issue 3).

Andini, R. D., & Ardisal. (2018). Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Keterampilan Membuat Makanan Praline Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(1), 1–6. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/101805

BADAN STANDAR, K. D. A. P. K. P. K. R. D. T. R. I. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase A-Fase F Untuk SDLB, SMPLB, dan SMALB.

Basti, Y., Kasmawati, S., & Usman. (2023). Penggunaan Pop-Up Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membedakan Bentuk Bangun Datar Pada Murid Autis Kelas II di SLB Arnadya Makassar. Pinisi Journal of Education, 4, 1–21. http://eprints.unm.ac.id/33396/

Dianasari, E. L., Putri, Z. D., Khairiyah, K. Y., & Triswandari, R. (2022). Hubungan pola asuh orang tua terhadap tingkat agresivitas anak tunagrahita ringan kelas III SDLB YPPB Karimun. JUDIKHU: Jurnal Pendidikan Khusus, 1(2), 59–71.

Fajar Wahyu Nugroho, S. S. (2023). Buku Edukasi Pengasuhan anak dengan disabilitas. Dinas Perempuan Dan Anak Provinsi Jawa Tengah, 82–95.

Firnanda, T. G. (2024). Efektivitas Bermain Bola Warna untuk Mengenal Warna Dasar bagi Anak Disabilitas Intelektual Ringan Kelas II / C Di SLB N 1 Solok. 12, 12–18.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Hasan, M., Milawati, Mp., Darodjat, Mp., & DrTuti Khairani Harahap, Ma. (n.d.). Makna Peran Media Dalam Komunikasi dan Pembelajaran │i MEDIA PEMBELAJARAN.

Iswari, M., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Ardisal, A. (2017). Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah dasar di SD N 17 Limau Manis Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 156–162. https://doi.org/10.29210/119700

Lubis, R., Syafitri, N., Maylinda, R. N., Alyani, N. N., Anda, R., Zulfiyanti, N., & Surbakti, O. Z. (2023). Pendekatan Behavioristik untuk Anak Disabilitas Intelektual Sedang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1626–1638. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4161

Nofianti, M. A., Kasmawati, D. H., Si, M., Syamsuddin, H., & Si, M. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Dadu Angka Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas II Di SLB Negeri 1 Makassar Increasing the Ability to Recognize Number Symbols Through the Media of Number Dice in Class II Mildly Intellectually I. 1–11.

Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554

Rahman, T., & Enita, E. (2022). Pengembangan Media Papan Angka Berpasangan untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 6(1), 127–136.

Ratri Desiningrum, D. (2016). PSIKOLOGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS.

Roliana, E. (2018). Urgensi Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini. Nasional Pendidikan Dasar, 2015, 417–420.

Rustami, S., & Taufan, J. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 Sampai 5 Menggunakan Media Balok Cuisenaire Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3947–3951. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2769

Saputra, V. H., & Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Tuna Grahita. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/350/247

Satriana, A. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 Sampai 5 Melalui Media Flash Card Bagi Siswa Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus (JUPPEKhu), 1(2), 13–26. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhuAdeSatrianaJurusanPLBFIPUNP13%0Ahttps://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/viewFile/1124/992%0Ahttps://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Setiyanigrum, R. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 2016, 2016–2020.

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Siregar, A., & Rahmah, E. (2016). Model Pop Up Book Keluarga Untuk Mempercepat Kemampuan Membaca Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 5(1), 10–21.

Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 47. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58

Suharsimi Arikunto. (2015). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik / Suharsimi Arikunto. In Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.

Sumardi, S., Rahman, T., & Gustini, I. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 190–202. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9359

Syaeful Millah, A., Arobiah, D., Selvia Febriani, E., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 152.

Tindakan, P., Usia, A., Sukarame, K., Tasikmalaya, K., Gandana, G., Pranata, O. H., & Danti, T. Y. (2017). Melalui Media Balok Cuisenaire Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk At-Toyyibah. 1(1), 92–105.

Yusuf, N. H., Nikmah, K., & Maghfiroh, L. (2022). ATHFAL WERU PACIRAN LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022. 01(01), 1–16.


Article Metrics

 Abstract Views : 95 times
 PDF Downloaded : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.