Peran Guru Pendamping Khusus Bagi Anak Hipektif Kelas V Di Sekolah Inklusi
(1) Universitas Adzkia  Indonesia
(2) Universitas Adzkia  Indonesia
(3) Universitas Adzkia  Indonesia
(4) Universitas Adzkia  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130175
Full Text: Language : ind
Abstract
Pentingnya pendidikan inklusi di sekolah dasar tidak bisa dilepaskan dari perannya dalam membangun fondasi pendidikan yang kuat bagi semua anak. Penerapan pendidikan inklusi di sekolah dasar tidak tanpa tantangan. Beberapa hambatan yang sering dihadapi antara lain adalah kurangnya sumber daya, seperti guru yang tidak terlatih dalam pendidikan inklusi, fasilitas yang tidak memadai, dan tidak adanya dukunga dari orangtua dan masyarakat. Selain itu stigma sosial terhadap anak-anak dengan kebutuhan khusus masih menjadi kendala yang perlu diatasi. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang terus-menerus dari berbagai pihak untuk memastikan bahwa pendidikan inklusi dapat berjalan dengan efektif dan memberikan manfaat yang maksimal. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci dan mendalam mengenai hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil observasi dan juga wawancara Bersama guru pendamping khusus yang siswa “x”, peran GPK untuk siswa tersebut lebih difokuskan kepada interaksi dan sosial siswa, Dimana anak mengalami permasalaha di sosial yang sering mengganggu teman, tidak bisa duduk tenang dan sangat aktif. Saat proses pembelajaran GPK bertugas menjembatani antara siswa dan guru, sehingga PBM bisa berjalan lebih maksimal.
Keywords
References
Daftar Rujukan
Baihaqi, M & Sugiarmin, M. (2006). Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung : PT. Refika Aditama.
Baihaqi, dan Sugiarmin, 2008. Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung : Refika Aditama.
Evanjeli, L. A. (2015). Model pendidikan inklusi anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Widya Darma, Jurnal Kependidikan, Vol.28, No.1, 1 – 12.
Flanagen, R. (2002). ADHD Kids (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Alih bahasa: Bambang Pamungkas, Tisa Adiantari & Trisno Tri Wilujeng. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya
Flick, U. (2013). Designing Qualitative Research Ethics in qualitative research. SAGE Research Methods, 68–77.
Fuad, Anis & Sapto Kandung (2014). Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Hayati, A. S. (2021). Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Ta’dib, 2, 23–32
Heineman-Gosschalk, R., & Webster, A. (2003). Literacy and the role of parents of deaf children. Deafness and Education International, 5(1), 20–38. https://doi.org/10.1179/146431503790560772
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256
International Conference on Child-Friendly Education, 51–57. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7193 Widjaya. (2012). Urgensi Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dini. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(2), 108. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p108-112
Khaeruddin. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep dan Implementasinya di Madrasah. Jogjakarta: Pilar Media
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Marui. (1952). The Role of the Parents in the Education of Children. Psychiatry and Clinical Neurosciences, 6(3), 221– 230. https://doi.org/10.1111/j.1440-1819.1952.tb01331.x
McKinney, C., & Renk, K. (2013). Emerging research and theory in the etiology of oppositional defiant disorder: Current concerns and future directions. International Journal of Behavioral Consultation and Therapy, 3(3), 349–371. https://doi.org/10.1037/h0100811
Muhsin, A. (2017). Upaya Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Di Dusun Sumbersuko Desa Plososari Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 2(02), 123–150. https://doi.org/10.32764/dinamika.v2i02.174
Musiyati. n.d. “optimalisasi Penggunaan Media Gambar dalam Peningkatan Pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) bahasa Indonesia Siswa Kelas I SDN 20 Cakranegara.” Jurnal Ganec Swara 13(1).
Nasution, I., & Suharian, S. (2020). Peran Orang Tua Terhadap Anak Dalam Program Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19. Visipena, 11(2), 266–280. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1154
Nevid, Jeffrey S, dkk. 2005. Psikologi Abnormal edisi kelima Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Paternotte, Arga & Buitelaar. 2010. ADHD Attention Deficit Hyperactive Disorder.Jakarta: Pernada.
Rahmah, F. N. (2018). Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya. Quality, 6(1), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501
Roso, Sumaji (2017). Penelitian Kualitatif. Dasar- Dasar. Jakarta Barat. Indeks.
Suharsiwi. (2017). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. CV Prima Print.
Sukarman, S., Wibagso, S. S., Triayomi, R., & ... (2022). Pendampingan Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Publisher Di Sekolah Yayasan Pembinaan Anak Cacat (Ypac) Palembang. BERNAS: Jurnal …, 3(2), 275–281. https://doi.org/10.31949/jb.v3i2.2271
Susilawati. (2016). Profil Siswa Low Vision (X) Berprestasi di Bidang Matematika (Studi Kasus di SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh). Universitas Negeri Padang.
Syafrida Hafni Sahir. (2022). Metodologi Penelitian.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wahab, R. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers
Wardani, IG.A.K. dkk (2008). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Wibowo, S. B. (2016). Inclusive Education, Right for Children With Special Needs (Studies in Metro City Lampung).
Article Metrics
Abstract Views : 83 timesPDF Downloaded : 30 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.