Mengurangi Perilaku Agresif Anak Tunagrahita Sedang Menggunakan Teknik Token Ekonomi

Hesa Permata Sarry(1), Damri Damri(2), Nurhastuti Nurhastuti(3), Arisul Mahdi(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130032

Abstract


Peneliti menemukan masalah di kelas V SLB, saat proses pembelajaran berlansung siswa menunjukkan perilaku agresif yaitu meribut, mengganggu teman, bermonolog sendiri dan mengajak teman berbicara. Pada penelitian ini, dilakukan modifikasi perilaku menggunakan metode token ekonomi dalam mengurangi perilaku agresif anak tunagrahita. Jenis penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research desain A1-B-A2 untuk mengetahui durasi perilaku menyebabkan gangguan anak sebelum diberikan intervensi, saat diberikan dan setelah diberikan intervensi menggunakan token ekonomi dalam waktu 30 menit proses pembelajaran.

Hasil penelitian yang mencakup jumlah pengamatan pada setiap kondisi. (A1) sebanyak tiga kali diperoleh skor 12,5% dan skor 0% sebanyak delapan kali diperoleh pada fase (B) dan (A2) sebanyak tiga kali dan mendapatkan skor 100% sehingga teknik token ekonomi berpengaruh dalam mengurangi perilaku agresif menyebabkan gangguan pada anak tunagrahita sedang kelas V di SLB N 1 Kubung.


Keywords


Perilaku Agresif, Tunagrahita Sedang, Token Ekonomi

References


Ainun, R., Pendidikan, A., & Biasa, L. (2018). Studi Kasus Perilaku Agresif Anak Tunagrahita Kategori Sedang Kelas IV SDLB di SLB N Pembina Yogyakarta

Amalo, I. G., & Widiastuti, A. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Token Ekonomi dalam Menurunkan Perilaku Disruptif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 500

Aprilliani, I., Yuwono, I., & Fraick Nicky R S, M. G. (n.d.). Mengurangi Perilaku Maladaptif Anak Tunagrahita Melalui PemberianPunishment dan Positif Reinforcement.

Eliani Jenni, M. S. Y. A. N. M. (2018). Fanatisme dan Perilaku Agresif Verbal di Media Sosial pada Penggemar Idola K-Pop. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, vol 3(no 1), 59–72.

Farihah, I. U., Purnomo, A., & Aflahani, E. (2021). Pengaruh Modifikasi Perilaku Penghapusan (Extinction) Pada Perilaku Membanting Pintu & Melempar Barang Saat Marah Pada Anak Usia 5-6 tahun.

Ferdiansa geandra, N. S. (2020). Analisis Perilaku Agresif Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), vol 5(no 2), 8–12.

Harnin, I. S., & Damri, D. (2022). Kepedulian Sosial Masyarakat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Kategori C (Tunagrahita). Jurnal Basicedu, 6(2), 1782–1791.

Noor Akbar, S., Kunci, K., Mental Token Ekonomi, R., & Perilaku, M. (2017). Terapi Modifikasi Perilaku Untuk Penanganan Hiperaktif Pada Anak Retardasi Mental Ringan.Pendidikan Kebutuhan Khusus,

J., & Khairani Hendri, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Bina Diri Melalui Media Audio Visual pada Anak Tunagrahita Ringan. Pendidikan Kebutuhan Khusus,

J., Indra Septiana, F., & Dwiyanti, N.(2021). Penyusunan Program Intervensi Perilaku Maladaptif Anak Tunagrahita Ringan Kelas XII di SLB Nurul Iman Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung.

Prima, E., & Lestari, P. I. (2019). Penerapan Token Economy untuk

Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 268.

Sugiyono (2010) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syukria, E., Hamka, J., Tawar Padang, A., & Barat, S. (2022). Efektivitas Token Economy Dalam Meningkatkan Ketahanan Duduk Pada Anak ADHD. In MSI Transaction on Education (Vol. 03)


Article Metrics

 Abstract Views : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.