MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT BUCKET SNACK PADA SISWA DISABILITAS INTELEKTUAL MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING

Kartika Sari(1), Retno Triswandari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.129966

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membuat bucket snack pada siswa disabilitas intelektual melalui model project based learning di kelas IX dan X SLB Negeri Kuala Tungkal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus mempunyai empat tahap yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Project Based Learning (PJBL) efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas praktis seperti pembuatan bucket snack. Siklus I dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dengan berkolaborasi bersama guru kelas. Hasil tindakan siklus I dapat dilihat dari hasil observasi yang menunjukkan bahwa kemampuan siswa telah meningkat dalam membuat buket snack. Namun peningkatan kemampuan ini belum maksimal dikarenakan siswa terlihat masih kaku dalam melipat kertas  Peneliti dan guru sepakat melanjutkan tindakan ke siklus II untuk memaksimalkan kemampuan siswa membuat buket snack.

Keywords


buket snack, keterampilan, metode project-based learning, siswa disabilitas

References


Azwir, Hasan, & Martias. (2013). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT SAPU LIDI MELALUI METODE LATIHAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS D.V. 2 (Septemb, 863–875.

Aqib zainal, 2021, Model-Model , Media, dan strategi Pembelajaran Kontektual(inovatif), Bandung : CV Yrama Widya

Fajri, & Efendi. (2023). Efektivitas Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menganyam bagi Anak Tunagrahita Ringan. 11, 33–39.

Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83

Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1526–1539.

Radjab, E., & Jam’an, A. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Lembaga Perpustakaan Dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Zulmiyetri. (2017). Metoda Maternal Reflektif (MMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Tunarungu. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Vol.5 No.2, 2017.


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.