Meningkatkan Kosakata Expressing Feelings Menggunakan Metode Modelling Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VII di SLB N 2 Kota Jambi

Ana Siska Armianti(1), Johandri Taufan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.129917

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di SLB N 2 Kota Jambi. Hasil permasialahan yaing ditemiukan adailah adianya seoraing siswa tunagrahita ringan yang meimiliki permaslahan dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya dalam kosakata expressing feelings. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apaikah kemaimpuan kosakata expresing feelings siswa meningkat melalui metode modelling. Peneliitian iini menggiunakan jeniis peneilitian ekspeirimen beribentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjiek dalaim peneilitian iini yaitiu sisiwa tunagirahita rinigan kelas VII di SLB N 2 Kota Jambi. Selanjutnya pengumpulan data menggunakan teknik tes yanig teridiri dairi bebierapa buitir sioal. Kemudian menggunakan teknik analisis data dengan visual grafik. Haisil anailisis sebanyak 14 kali pertemuan, daita yiang didiapatkan paida setiiap koindisi yaiitu pada baseline (A1) 25%, 25%, 25%, dan 25%. Selanjutnya pengamatan saat kondisi intervensi dengan persentase 54,1%, 58.3%, 66.7%, 75%, 83.3% dan 83.3%. Terakhir pengamatan yang dilaksanakan pada kondisi baseline (A2) dengan perolehan persentase yaitu 83.3%, 91.6%, 91.6% dan 91.6%. Hasiil diari peneliitian inii meinunjukkan kemaimpuan kosakata expressing feelings melailui mietode modelling bagi siswa tunagrahita ringan kelas VII di SLB N 2 Kota Jambi menjadi meningkat, sesuiai deingan haisil anailisi datia dalaim kondiisi dan analisis data anitar koindisi.

Keywords


Metode Modelling, kosakata Expressing feelings, tunagrahita ringan

References


Aksara. De Indrayani, L., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2020). Efektivitas Konseling Humanistik dengan Teknik Modelling untuk meningkatkan Self Exhibition siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 4(1), 9–16 Ernawati,

Anlianna, A., Sunanto, S., Nursalim, M., & Rahmasari, D. (2023). Problems Of Children With Intellectual And Mental Disabilities At School. Sentra Cendekia, 4(2), 80–92

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi

Holidazia, R., & Rodliyah, R. S. (2020). Strategi siswa dalam pembelajaran kosa kata bahasa Inggris. Jurnal Penulisan Pendidikan, 20(1), 111-120.

Iswari, M. (2017). Career Guidance Model in Independence of Deaf Children in Time After Special Senior High School. Journal of ICSAR, 1(2), 131–133.

Marlina, E. (2015). Pengaruh Metode Drill terhadap Peningkatan Keterampilan Memakai sepatu Bertali Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas 3 SDLB Di Slb C YPLB Majalengka. Universitas Pendidikan Indonesia. Ni’Matuzahroh.,

R., & Afdal, A. (2018). Peningkatan disiplin siswa dalam menaati tata tertib dengan menggunakan teknik modelling melalui layanan penguasaan konten di SMPN 49 Jakarta pada siswa kelas 8 tahun ajaran 2018-2019. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 1(2), 81–95.

Safitri, A., Rajiman, H., Dingomaba, L., Husain, R. R., & Tonra, W. S. (2022). Penerapan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Tunadaksa di SD Negeri 49 Kota Ternate. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 2(3), 39–48.

Sri Retno Yuliani, Soen (2021). Psikologi Dan Intervensi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. (n.p.): UMMPress

Yanuardianto, Elga. (2019). “Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran Di Mi).” Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1(2): 94–111. doi:10.36835/au.v1i2.235.

Yuliawati, Lilik. (2018). “The Effects of Grammar and Vocabulary Mastery on 63 Students Reading Comprehension.” Wanastra: Jurnal Bahasa dan Sastra 10(1): 1-8. Doi:10.31294/w.v10i1.2710


Article Metrics

 Abstract Views : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.