Pengasuhan Orang Tua dalam Membentuk Anak Cerebral Palsy Berprestasi di Bidang Non Akademik
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.129894
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Afrida, M. N. (2021). Penerimaan Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Slawi Kabupaten Tegal. 1–132.
Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA. 1–20.
Anindita, A. R., & Apsari, N. C. (2020). Pelaksanaan Support Group Pada Orangtua Anak Dengan Cerebral Palsy. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 208. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26248.
Armaini, A., Nurhastuti, N., & Budi, S. (2022). The Role of Parents with Blind Disabilities in Forming Disiplined and Independent Characters in Elementary School-aged Children. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 145–152. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.3680.
Asrianti, Y., & Nurhastuti. (2022). Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pendidikan Nilai-Nilai Sosial Pada Anak Cerebral Palsy. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 47–54.
Dianasari, E. L., Putri, Z. D., Khairiyah, K. Y., & Triswandari, R. (2022). Hubungan pola asuh orang tua terhadap tingkat agresivitas anak tunagrahita ringan kelas III SDLB YPPB Karimun. JUDIKHU: Jurnal Pendidikan Khusus, 1(2), 59–71. https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/JUDIKHU/index.
Faira Yolanda, N. (2022). Efektifitas Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Peningkatkan Pembelajaran Bangun Datar Bagi Siswa Tunadaksa. Efektifitas Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Peningkatkan Pembelajaran Bangun Datar Bagi Siswa Tunadaksa, 10, 14.
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian Penelitilian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus.
Handayani, S. (2021). Model Pembelajaran Explicit Instruction Meningkatkan Keterampilan Membuat Topiary Artificial Plant Bonsai dari Tali Plastik. 9, 69–79.
Harnin, I. S., & Damri, D. (2022). Kepedulian Sosial Masyarakat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Kategori C (Tunagrahita). Jurnal Basicedu, 6(2), 1782–1791.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2315.
Hidayatulloh, A. (2022). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 183–188. https://doi.org/10.55681/nusra.v3i1.163.
Naufal, W. I., & Rahmandani, A. (2020). Pengalaman Pengasuhan Ibu Yang Memiliki Anak Disabilitas Fisik Berprestasi: Sebuah Studi Fenomenologis Deskriptif. Jurnal EMPATI, 10(2), 122–133. https://doi.org/10.14710/empati.2020.27700.
Ngewa, H. M. (2019). PERAN ORANG TUA DALAM PENGASUHAN ANAK. 1.
Nurhastuti. (2019). Bahan Ajar Mata Kuliah Perspektif Anak Tuna Daksa.
Nurhastuti, Ahman, A., Juntika, J., & Susanto, E. (2018). Potential Test Gifted and Talented Children: Study of Elementary School in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012043.
Nurhastuti, Kasiyati, Zulmiyetri, & Irdamurni. (2019). Need assessment of parents of children with cerebral palsy observed from family counselling. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 197–207.
Nurhastuti, N., Iswari, M., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Irdamurni, I. (2019). Analysis of the Needs of Parents Who Have Cerebral Palsy Children Reviewed from the Family Counseling. 382(Icet), 700–702. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.169.
Nurhastuti, N., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., Iswari, M., Irdamurni, I., & Oktaviani, J. N. (2022). The Effectiveness of Family Counseling Based on the Quality of Family Life to Increase the Independence of Cerebral Palsy Children During the COVID-19 Pandemic. 668, 121–124.
Oktavia Rahtu Dwiyani, & Nurhastuti Nurhastuti. (2023). Study Kuantitatif Deskriptif Kualitas Hidup Ibu Yang Memiliki Anak Cerebral Palsy Di Yayasan Rumah Gadang Cerebral Palsy Padang. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(3), 01–07. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i3.1003.
Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., & Padang, U. N. (2024). 14 th Proceeding of International Conference on Special Education in Southeast Asia Region ( ICSAR 2024 ) Role of Special School Violence Prevention and Handling Team in Bullying Prevention Risca Amani * Pina Nofalia Yusrwati Yusrwati Titin Sumarni Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia Nurhastuti Nurhastuti. Icsar, 241–248. https://doi.org/10.57142/picsar.v3i1.582.
Pendidikan, K., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2020). Pengasuhan Positif.
Purwanti, I., Nurhastuti, N., Damri, D., & ... (2021). Parental support in implementation distance learning for mentally retarded children during the covid-19 pandemic at SLB negeri 1 Lubuk Basung. Southeast Asia Journal …, 1(1), 29–32. http://repository.unp.ac.id/33289/%0Ahttp://repository.unp.ac.id/33289/1/DAMRI_6-11-2-PB.pdf.
Rahayu, S., Nurhastuti, N., Ardisal, A., & ... (2021). Pelaksanaan Pendidikan Seks Dini bagi Anak Cerebral Palsy di SLB Binar Tarusan pada Masa Pandemi Covid-19. Cek Judul Skripsi …, 4(1). https://cekjudulplb.fip.unp.ac.id/index.php/sjplb/article/view/85.
Rahmi, A. A., Hizriyani, R., & Sopiah, C. (2022). Analisis Teori Hierarki of Needs Abraham Maslow Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 320–328. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.385.
Ramadhani, C., Biasa, L., Ilmu, F., Universitas, P., & Padang, N. (2023). Profil Anak Berbakat di Bidang Olahraga Bulutangkis di SMA Negeri 4 Padang. 7, 17556–17560.
Restika, R., & Nurhastuti, N. (2023). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak Berbakat di SD Pertiwi 2 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 4217–4222. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6387.
Ruli, E. (2020). Tugas dan Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, vol.1(No.1), hlm.145.
Septian, F., & Budi, S. (2023). Profil Siswa Tunanetra Berprestasi dalam Membaca Puisi Tingkat Provinsi di Kelas XI SLB Negeri Kota Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 15974–15980. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/8897%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/8897/7266.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Yolanda, S. T., & Damri, D. (2022). Efektivitas Aplikasi Marbel Berbasis Android dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Disleksia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1563–1569. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2261.
Article Metrics
Abstract Views : 82 timesPDF Downloaded : 23 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.