MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL PRiOBLEM BASiED LEARiNING PADA SISWA DISABILITAS RUNGU (Classroom Action Research Kelas VIII SLB Negeri Kuala Tungkal)

Saina Fathiasari(1), Asep Ahmad Sopandi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.129893

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris melalui model pembelajaran berbasis masalah pada siswa disabilitas kelas VIII di SLB Negeri Kuala Tungkal. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan pada siswa disabilitas kelas VIII SLB Negeri Kuala Tungkal berjumlah 4 orang siswa dengan inisial MZ, NA, AF, dan RS. Penelitian ini terbagi dalam 2 siklus yaitu pada setiap siklus terdapat 4 tahapan dengan 2 kali pertemuan pada setiap siklusnya. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil peningkatan kemampuan dalam penguasaan kosakata. Pada kondisi awal diperoleh persentase MZ 50%, NA 40%, AF 40%, dan RS 50%. Pada siklus I terjadi peningkatan MZ 70%, NA 60%, AF 60%, dan RS 80%. Penelitian ini dilanjutkan pada siklus II MZ 90%, NA 80%, AF 80%, dan RS 100%.

 


Keywords


Kosakata, Bahasa Inggris, model pembelajaran berbasis masalah, prestasi belajar, Strategi

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching dan Assesing; A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addision Wesley Lonman Inc.

Anita, E. W. (2004). Mendidik Anak-anak Bermasalah. Depok: Inisiasi Press.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penulisan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dahri, N. (2022). Problem and Project Based Learning (PPjBL) Model Pembelajaran Abad 21. Padang: CV. Muharika Rumah Ilmiah.

Harnin, I.S & Damri. (2022). Kepedulian Sosial Masyarakat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Kategori C (Tunagrahita). Jurnal Basicedu Vol 6 No 2 Tahun 2022 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147

Malawi, K., & Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Jawa Timur: CV. AE Media Grafika.

Lisda, dkk. (2023). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Melalui Media Pembelajaran Quizizz di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 9 Pangkep. Guru Pencerah Semesta (GPS). 1(4), 381-392.

Suharmini, Tin. (2009). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Syamsidah & Suryani, H. (2018). Model Problem Based Learning (PBL). Yogyakarta: Deepublish.


Article Metrics

 Abstract Views : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.