Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran IPA Melalui Media Pembelajaran Interaktif Video Animasi Bagi Anak Cerebral Palsy

Novika Aulia Fitri(1), Nurhastuti Nurhastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.129238

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pembelajaran IPA tentang mengidentifikasi organ manusia bagi anak Cerebral Palsy kelas XI di SLB Yayasan Pembinaan Anak Cacat Sumatera Barat, dengan menggunakan media Pembelajaran  Interaktif Video Animasi. Media Pembelajaran Interaktif Video Animasi memiliki fungsi untuk mempermudah peserta didik untuk mengingat materi pembelajaran IPA tentang organ manusia. Penelitian ini mengadopsi pendekatan gabungan antara kualitatif dan kuantitatif, dengan menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas. (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus terdapat empat kali pertemuan. Pada siklus I anak mendapatkan hasil nilai yaitu 39%, 52%, 67% , dan 73%. Pada siklus II anak mendapatkan nilai 76%, 81%, 85%, dan  91%. Analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif video animasi dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi organ manusia.


Keywords


Video Animasi, Cerebral Palsy, Pembelajaran IPA

References


Hasdiana, U. (2018). Anatomi dan Fisiologi tubuh manusia. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1). http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

Khoirunisa, F. (2019). Layanan Pendidikan Bagi Anak Cerebral Palsy Di Kelas Ii Sd Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8 Nomor 5, 412–420.

Nani, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Tunadaksa SDLB-D YPAC Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–10.

Nanlohy, C. S. M., Tulenan, V., Sambul, A., Adinata, H. S., & Mapaly, H. A. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Fungsi Organ Tubuh Manusia Berbasis Augmented Reality. 15(1), 55–64.

Nurhastuti, Kasiyati, Zulmiyetri, & Irdamurni. (2019). Need assessment of parents of children with cerebral palsy observed from family counselling. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 197–207.

Panggabean, F. (2021). Analisis peran media video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar ipa smp. JPPIPAI.

Sari, D. N. I. (2021). PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK TINGKAT SD/MI (Vol. 3, Issue 2).

Sarpini, R. (2016). Anatomi dan Fisiologi Tubuh Manusia Untuk Paramedis. In Edisi Revisi. http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/75009

Siama, D. A., Mustafa, & Sulasminah, D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Word Square Pada Murid Cerebral Palsy Kelas VIII Di SLB Negeri 1 Takalar. Pinisi Journal Of Education, 3(3), 1–7.

Sukardiyono, T. (2015). Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas.

Yohanes, B., & Yusuf, F. I. (2021). Teori Beban Kognitif: Peta Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Pada Matematika Sekolah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2215. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4033


Article Metrics

 Abstract Views : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.