Meningkatkan Kemampuan Pramenulis Pada Anak Tunagrahita Sedang Menggunakan Media Kolase

Afrina Yanti(1), Johandri Taufan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.129071

Abstract


Artikel ini membahas tentang peningkatan kemampuan pramenulis  anak tunagrahita sedang dalam menebalkan tulisan menggunakan media kolase. Media kolase adalah media yang melibatkan keterampilan mata dan tangan anak sehingga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam pramenulis. Penelitian ini menggunakan peningkatan kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu Single Subjeck Research (SSR)  dengan desain A-B-A dan analisis data penelitian menggunakan visual grafik. Analisis data menunjukkan baseline (A1) dilakukan selama 4 kali pengamatan, intervensi (B) dilakukan sebanyak 8 kali pengamatan dan pada baseline (A2) dilakukan sebanyak 3 kali pengamatan. hasil penelitian menunjukkan keterampilan pramenulis pada siswa tunagrahita sedang meningkat setelah menggunakan media kolase.

 


Keywords


pramenulis, kolase, tunagrahita sedang.

References


Amanullah, A. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tunagrahita, Down Syndrome, Dan Autisme. Jurnal Almurtaja: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Anggraeni, D. (2014). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Bagi Anak Tunagrahita Sedang Kelas III SDLB di SLB C Wiyata Dharma II Tempel. Skripsi.

Apriani, A. A. (2023). Pengaruh Permainan Montessori Terhadap Kemampuan. Skripsi, 1-103.

Nadila, R., & Jon Efendi, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan. Jurnal Ranah Research, 30-34.

Serliyanti, A. B. (T.Thn.). Kemampuan Pra Menulis Melalui Latihan Kolase Pada Murid. Pinisi Journal Of Education, 1-10.


Article Metrics

 Abstract Views : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.