Pengaruh Permainan Sensori Menjepit Pom-Pom Terhadap Motorik Halus Anak Autis

Cucu Larasati(1),
(1) Universitas Negeri Surabaya  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.128963

Abstract


Seorang anak autis mungkin menunjukkan kesulitan dalam interaksi sosial, perilaku, dan ucapan. Kemampuan motorik halus seorang anak meliputi ketangkasan buku-buku jari dan otot-otot kecil lainnya di tangan. Salah satu permainan yang bermanfaat dan mendidik adalah permainan menyematkan pom-pom. Kemampuan motorik halus anak autis dan aktivitas sensorik Pom-Pom Pinching. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana membantu anak autis dengan kemampuan motorik halusnya melalui permainan sensorik mencubit pom-pom. Penelitian ini menggunakan desain penelitian subjek tunggal (SSR) sebagai metodologi eksperimentalnya. Permainan sensorik mencubit pom-pom meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak autis, menurut penelitian.

Keywords


Anak Autis, Motorik Halus, Permainan Sensori, Menjepit Pom-Pom

References


Andriani, W., & Pradipta, R. F. (2018). Permainan Scramble dalam Menyusun Kalimat pada Siswa Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 2(1), 43-46.

Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sempoa Geometri pada Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 12-17.

Difatiguna, S., Surahman, M., & Rini, R. (2015). Pengaruh aktivitas bermain menggunakan playdough terhadap kemampuan motorik halus pada anak. Jurnal Pendidikan Anak, 1(3), 1-11.

Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi Treatment and Education of Autistic and Realted Communication handicapped Children (TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(2), 57-61.

Hasnita, E., & Hidayati, T. R. (2017). Terapi Okupasi Perkembangan Motorik Halus Anak Autisme. Jurnal Ipteks Terapan, 9(1), 20-27.

Huzaemah. (2010). Kenali Autisme Sejak Dini. Jakarta: Yayasan Putra Obor Indonesia. Jatmika, Y.N . (2012). Ragam Aktivitas untuk Play Group. Yogyakarta: Diva Press.

Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. (2017). Media Counting Board untuk Kemampuan Berhtung Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 3(2), 109-113.

Kusuma, G. H. A. (2012). Sistem Identifikasi Penyakit Autis Anak Berbasis Web. Jurnal Technology Of Information And Communication, 1(1), 29-41

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion Development Program for Parents of Child with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160164.

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy Students. International Journal of Innovation, 5(5), 531-545.

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019, December). Development of Adaptive Sports Models in Improving Motor Ability and Embedding Cultural Values in Children with Special Needs. In the 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019). Atlantis Press.

Rahmawati, D. A. (2014). Pengaruh Bermain Playdough Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita Sedang Kelas I Di Slb Sekar Teratai 1 Srandakan. Jurnal Widia Ortodidaktika, 3(2), 1-11.

Sari, I., & Rakimahwati, R. (2018). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui bermain playdough di taman kanak-kanak qur’aniah air runding pasaman barat. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 107-113.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumardi, S., Rahman, T., & Gustini, I. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan melalui Media Playdough. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2), 190202.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2006). Penelitian dengan Subyek Tunggal. Bandung: UPI Press.

Sutapa, P., Prasetyo, Y., Arjuna, F., & Prihatanta, H. (2018, December). Differences of Influence of Playing Playdough and Puzzles on Fine Motor Skills and Logical-Mathematical Intelligence in Early Childhood. In 2nd Yogyakarta International Seminar on Health, Physical Education, and Sport Science (YISHPESS 2018) and 1st Conference on Interdisciplinary Approach in Sports (CoIS 2018). Atlantis Press.171-174.

Umama. (2016). Pojok Bermain Anak. Jogjakarta: Stilletto Book.

Wardah, E. Y., & Khairiyah, K. Y. (2018). The Influence of Playing Playdough toward Fine Motoric Ability of Autism Children in Tompokersan Lumajang. The 11th International Conference on Educational Research. Khon Kaen

University. Page 103-114.

Wati, S., & Syukri, M. (2014). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Model Webbed Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 1-15.

Yumarlin, M. Z. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Jurnal Teknik, 3(1), 75-84.

Yuwono, J. (2012). Memahami Anak Autistik: Kajian Teoritik dan Empirik. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.