PENGEMBANGAN ALAT SENSOR WARNA (BLIND SENSOR JANNAH) DALAM MENGENAL WARNA DASAR PADA TUNANETRA

Miftahul Jannah(1), Johandri Taufan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.128875

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang ditemukan dilapangan pada penyadang low vision yang kesulitan dalam membedakan warna dasar pada sebuah benda/objek. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan Blind Sensor Jannah yang bertujuan untuk membantu penyadang low vision dalam mengidentifikasi warna dasar pada sebuah benda/objek yang mana melibatkan indera yang ada seperti perabaan dan pendengarannya karena terdapat sensor suara yang keluar hasil dari tangkapan sensor lalu warna dasar yang terdeteksi juga ditampilkan pada aplikasi Blynk. Metode penelitian yang digunakan pada pengembangan alat ini adalah Research and Development dengan model pengembangan Borg and Gall, yang mana didalam penelitian ini menciptakan suatu produk baru yang teruji dan dikembangkan dengan lima tahapan. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh dua ahli, yaitu Ahli Teknik Elektro dan Ahli Disabilitas Netra, serta dilakukan uji praktikalitas bersama guru pendidik bidang keterampilan di PSBN Tuah Sakato Kalumbuk. Hasil uji coba oleh kedua ahli, mendapatkan nilai rata-rata 86% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil praktikalitas oleh guru pendidik bidang keterampilan mendapatkan nilai rata-rata 96% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan uji validasi dan juga praktikalitas guru pendidik bidnag keterampilan tersebut, terdapat saran dan juga komentar baik dari ahli.


Keywords


Penyandang Low Vision, Blind Sensor Jannah, Warna Dasar

References


Afif, M. A., Syaifullah, A., Hariadi, D., & Salsabila, U. H. (2021). Metode Pembelajaran Al-Quran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Istighna, 4(1), 16–24.

Gumantan, A., & Mahfud, I. (2020). Pengembangan Alat Tes Pengukuran Kelincahan Mengunakan Sensor Infrared. Jendela Olahraga, 5(2), 52–61. https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.6165

Hidayat, A. A. (2016). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus TUNANETRA (R. Luxima (ed.); 2nd ed.). Umar,Muchlis.

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). PERENCANAAN DAN KEPUTUSAN KARIER: KONSEP KRUSIAL DALAM LAYANAN BK KARIER. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Ratnawati, D., & Vivianti. (2018). Alat Pendeteksi Warna Menggunakan Sensor Warna TCS3200 Dan Arduino Nano. Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1(November), 167–170.

Reza, G., & Effendi, J. (2022). Pengembangan Audio Smartwatch Picture Description dalam Mengenal Gambar Objek Tunggal Bagi Tunanetra. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 900–903. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3337


Article Metrics

 Abstract Views : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.