Efektivitas Model Direct Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Vokasional Menyortir Buah Strawberry Pada Anak Tunagrahita Ringan

Rabiatun Rabbaniyah(1), Arisul Mahdi(2), Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.128594

Abstract


Artikel ini membahas tentang peningkatan kemampuan anak tunagrahita ringan dalam menyortir buah strawbery. Penyortiran buah strawberry merupakan bagian dari pembelajaran vokasional pasca panen budidaya tanaman hortikultura. Pengembangan kemampuan untuk mampu menyortir buah strawberry sesuai kualifikasinya dapat menjadi bekal kemampuan  anak untuk terjun kedunia kerja dimasa depan. Jenis penelitian ini adalah studi eksperimen satu subjek atau studi satu subjek (SSR), dengan desain A-B-A. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model direct instruction, hasil penelitian ini dapat ditunjukkan dari trend yang stabil pada level A1 rata-rata 20%, kemudian mengalami peningkatan pada level intervensi (B) dimana level kemampuannya terus meningkat dari 40% sampai 90%. setelah mendapatkan intervensi pada kondisi (A2) kemampuan anak stabil di 90%. Sehingga dapat disimpulkan model direct instruction efektif untuk meningkatkan kemampuan vokasional menyortir buah strawberry dengan menunjukkan hasil yang terus meningkat.

Keywords


Direct instruction; kemampuan vokasional; Tunagrahita ringan; menyortir strawberry

References


Ayu Pupu, K. (2023). Efektivitas Model Direct Instruction Untuk Meningkatkan Bina Diri Membuat Teh Manis Hangat Pada Anak Diri Tunagrahita Ringan. 11, 27–31.

Fajri, H., & Kasiyati. (2023). Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Menyapu Lantai Melalui Model Direct Instruction Bagi Anak Down Syndrome. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 11, 45–49. ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu%0A45

Heryati, E., Tarsidi, I., & Suherman, Y. (2022). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Subjek Tunggal (Single Subject Research) bagi Guru-Guru Sekolah Luar Biasa. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(02), 229–235. https://doi.org/10.25134/empowerment.v5i02.4878

Jannah, R., & Damri, D. (2023). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kentang Mustofa Balado Melalui Metode Analisis Tugas Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1754–1761. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5566

Mufiddah, R. K., Effendi, M., & Sulthoni, S. (2019). Program Vokasional Siswa Tunagrahita di SMALB Malang (Studi multi situs di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Malang). Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(2), 74. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p74-80

Novel Asri Yeni, & Arisul Mahdi. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Protokol Kesehatan Melalui ModelPembelajaran Kooperatif Tipe (Jigsaw) Pada Mata Pelajaran Bina Diri. Pendidikan Kebutuhan Khusus, 11, 21–26.

Oktaviana, P. (2023). Efektivitas Alat Punch Needle dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menyulam pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1010–1014.

Putra, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Merawat Diri Dalam Keterampilan Menggosok Gigi Dengan Menggunakan Model Direct Instruction Pada Anak Tunagrahita Sedang. 7(157), 235–242.

Sari, R. P., Chaniago, I., & Syarif, Z. (2020). Pupuk Organik Cair Kulit Pisang untuk Meningkatkan Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Stroberi (Fragaria vesca L.). Gema Agro, 25(April), 38–43. http://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/gema-agrohttp://dx.doi.org/10.22225/ga.25.1.1718.38-43

Srimularahmah, A., & Buhari, S. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Anak Tunagrahita Ringan Pada Siswa Kelas Vii-C Di Slb Negeri 1 Sinjai Kecamatan Sinjai Utara. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 1037–1045. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2906

Ummah, K. K., & Zulmiyetri. (2020). Meningkatkan Keterampilan Membuat Sulam Kalocsa Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 8, 14–19. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/viewFile/109111/104130

Ummah, K., & Mahdi, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 5 Melalui Media Wordwall bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16895–16903.

Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392

Yurmailis, Yosfan, A., & Rahmahtrisilvia. (2013). Meningkatkan Kemampuan Pengurangan Melalui Pendekatan Bermain Dengan Menggunakan Benda Konkrit Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Yurmailis1, Yosfan Azwandi2, Rahmahtrisilvia3, 2(September), 1–14.

Zuidersma, M., Riese, H., Snippe, E., Booij, S. H., Wichers, M., & Bos, E. H. (2020). Single-Subject Research in Psychiatry: Facts and Fictions. Frontiers in Psychiatry, 11(November). https://doi.org/10.3389/fpsyt.2020.539777


Article Metrics

 Abstract Views : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.