Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsonan Bilabial Melalui Media Busy Book Pada Anak Tunagrahita Ringan

Fiola Rahmi(1), Johandri Taufan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.128214

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsonan bilabial dengan mengaplikasikan media busy book. Metode yang diaplikasikan dalam penelitian eksperimen dengan desain A-B-A yang merupakan sebuah bentuk penelitian Single Subject Research (SSR). Subjek dalam penelitian ini, yaitu seorang anak kategori tunagrahita ringan kelas IV di SLBN 1 Painan. Tahapan awal yang dilakukan peneliti untuk mengumpulkan data yaitu dengan teknik tes melalui soal. Selain menggunakan teknik tes peneliti juga mengunakan teknik analisis data berupa analisis visual grafik.  Hasil riset yang dilakukan sebanyak 16 kali pengamatan,data yang didapatkan pada setiap kondisi yaitu pada baseline (A1) 32,12%, 35,71%, 35,71%, 35,71%. Kemudian intervensi (B) diperoleh hasil yaitu 71,43%, 78,57%, 78,57%, 82,14%, 85,71%, 89,29%, 89,29%, 89,29%. Terakhir hasil baseline (A2) yaitu 89,29%, 92,86%, 92,86%, 92,86%. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadinya kenaikan kemampuan  dari anak tunagrahita ringan terutama dalam mengenal konsonan bilabial dengan diberikanya intervensi berupa media busy book. Hal ini dapat dilihat terjadinya peningkatan kemampuan anak dalam mengenal konsonan bilabial yang terjadi mulai dari  kondisi baseline (A1) sampai kepadaa kondisi setelah diberikanya tindakan.

Keywords


Konsonan Bilabial,Busy Book, Tunagrahita Ringan

References


Alfina, Ommi, F. harahap. (2019). Pemodelan UML Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Kelas Siswa Tunagrahita. 3(2), 143–150.

Amaris, D. U., Rakimahwati, R., & Marlina, S. (2018). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Jurnal Usia Dini, 4(2), 8. https://doi.org/10.24114/jud.v4i2.12099

Faujiah, N., Septiani. A.N, Putri, T., & Setiawan, U. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media. Jurnal Telekomunikasi, Kendala Dan Listrik, 3(2), 81–87.

Febrisma, N. (2013). Upaya Meningkatkan Kosa Kata Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 109–121.

Hakim, A. R. (2018). Mendorong Perkembangan Kognitif Anak Tunagrahita Melalui Permainan Edukatif. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 4(3), 11–20.

Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2, 190–204. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1291

Humaira, D. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di SLB Sabiluna Pariaman. E-JUPEKhu:Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 95–109.

Karo-Karo, Isran Rasyid, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. 282.Jurnal Pendidikan dan Matematika,VII(1),91-96.

Marlina. (2020). Single Subject Research. Rajawali Pers. Depok.

Maulidiyah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647

Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan Busy Book Pada kosakata Anak Usia Dini dipaud Swadaya PKK. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(9), 1689–1699.

Muhamad, R. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara. Surabaya.

Mulyani, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Pengucapan Konsonan Bilabial [B] Dan [P] Melalui Metode Visual Auditori Kinestetik Dan Taktil Bagi Siswa Tunarungu Kelas Dasar 5A Di SLB B Karnnamanohara. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(2), 157–166.

Nengsih, D. F., & Iswari, M. (2019). Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Word Square Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus , 7(1), 172–171.

Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372

Prihatin, Y. (2017). Problematika Keterampilan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal STKIP PGRI Jombang, 5(3), 45–52. https://core.ac.uk/download/pdf/267901046.pdf

Puspitaningtyas, A. R., & Pratiwi, V. (2019). Peningkatan Kemampuan Kosa Kata Pada Anak Autis Dengan Menggunakan Media Visual (Gambar). … on Innovation and …, Ciastech, 101–110. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/1092

Rahmadani, E., & Taufan, J. (2021). Meningkatkan Keterampilan Membuat Kotak Mahar Melalui Analisis Tugas bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 1 Lubuk Basung. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(2), 33–40.

Riyanto. (2020). Metode Riset Penelitian Pendidikan Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. CV.Penerbit Budi Utama.Yogyakarta.

Ryan, Cooper, & T. (2013). Desain Penelitian Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Paper Knowledge.Media Nusa Kreatif. Malang.

Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia. Yogyakarta.

Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745

Sari, A. P. A. (2021). Pengembangan Media Busy Book Untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 4-5 Tahun Dengan Metode Bercerita. 282.Jurnal UNFAS Bengkulu. 2(1),50-67.

Simbolon, N. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Kemampuan Verbal Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sma Negeri 14 Dan 21 Medan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 225–235. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2149

Sugiarti, U. (2012). Pentingnya Pembinaan Kegiatan Membaca Sebagai Implikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Unimed. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1291

Sunanto, J. (2005). Pengantar Pendidikan Dengan Subjek Tunggal. Cricet: Universitas Tsukuba.

Switri, E. (2020). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. CV. Penerbit Qiara Media.Pasuruan.

Tarigan, E. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Pada Anak Tunagrahita Di SLB Siborong-borong. Pionir LPPM, 5(December), 118–138.

Taufan, J., Ardisal, A., & Konitah, K. Y. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Disleksia di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Jurnal Basicedu, 4(4), 1149–1159. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.521

Ulah, M. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Kelompok A RA Roudlotul Islamiyah Sidoarjo. Paud Teratai: Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–11.

Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392

Yulia, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1156–116


Article Metrics

 Abstract Views : 178 times
 PDF Downloaded : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.