Upaya Meningkatkan Kemampuan Membuka Snack Anak Tuna Grahita Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction

Fahimatul Ilmiyah(1),
(1) Institut Agama Islam Negeri Kediri  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i1.127837

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anak tunagrahita berat (care-able) di SDN Rejomulyo yang mengalami kesulitan dalam membuka jajanan secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membuka jajanan pada anak tunagrahita. Dalam penelitian ini menggunakan subjek tunggal sehingga menggunakan bentuk penelitian Single Subject Research atau biasa disebut penelitian subjek tunggal. Peneliti menggunakan analisis visual grafis untuk mengolah data hasil observasi lapangan yang telah diperoleh. Model pembelajaran ini menerapkan metode praktek dan latihan, yaitu suatu teknik untuk memudahkan siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi melalui praktek langsung yang ditunjukkan oleh peneliti kemudian subjek diminta untuk berlatih sesuai arahan yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, intensitas terapi yang diberikan berpengaruh signifikan terhadap tingkat keberhasilan kemampuan subjek R dalam membuka jajanan. Setiap minggunya subjek R mendapatkan intensitas terapi yang berbeda-beda. Singkatnya terapi model pembelajaran yang diberikan mampu memberikan perubahan kemandirian subjek untuk mencoba membuka jajanan secara mandiri.

Keywords


Tuna Grahita, Direct Instruction

References


Lisinus, Rafael & Sembiring, Pasitiria. (2020). Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus (Sebuah Perspektif Bimbingan dan Konseling). Medan: Kita Menulis.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Setiawan, M. Andi. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia

Arsyad, A. (2007). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Intan Kumalasari, Darliana Sormin. (2019). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunagrahita Di SLB C Muzdalifah Medan, Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman. Vol 05 No. 1, 2019.

Widodo, Sri Adi dkk. (2021). Single Subject Research: Alternatif Penelitian Pendidikan Matematika di Masa New Normal.Journal of Instructional Mathematic 02, 02.

Setyawan, Dedy & Riadin, Agung. (2020). Implementasi model pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V SDN-1 Langkai Palangkaraya. Pedagogik Jurnal pendidikan 15, 01.

Heriyanti, Aantri & Utami Gumay, Ovilia Putri. (2018). Penerapan Model Direct Instruction Pada Pembelajaran Fisika. SPEJ (Science and Phsics Education Journal) 02, 01.

Rahma Utari, Fitri dkk, Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Keterampilan Tata Boga Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 04, 01.


Article Metrics

 Abstract Views : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.