Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial dalam Meningkatkan Keterampilan Tari Pasambahan bagi Anak Tunarungu

Nur Hairra Agustin(1), Asep Ahmad Sopandi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i1.127553

Abstract


Penelitian ini fokus pada masalah yang dihadapi siswa tunarungu ketika mereka belajar keterampilan tari pasambahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggunakan media video tutorial untuk meningkatkan keterampilan tari pasambahan anak tunarungu sedang kelas V di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang menjadi dasar penelitian ini. Studi pendahuluan menemukan bahwa dua orang siswa mengalami kesulitan dengan gerakan tari pasambahan. Selain itu, guru menggunakan media pembelajaran dengan kurang efektif, yang tidak mendukung keterampilan pembelajaran, dan tidak menarik bagi siswa untuk memahami materi di dalam kelas.Penelitian tindakan kelas, yang dilakukan oleh peneliti bersama guru, adalah jenis penelitian yang digunakan. Sementara peneliti bekerja sama, guru kelas bertindak sebagai pemberi tindakan. Studi dilakukan dalam dua siklus, dengan empat pertemuan per siklus. Data penelitan dikumpulkan melalui observasi dan uji coba. Dua siswa tunarungu sedang adalah subjek penelitian. Media pembelajaran yang digunakan adalah video instruksional.

Kata Kunci: Media video tutorial, Tari pasambahan, Tunarungu


Keywords


Media video tutorial, Tari pasambahan, Tunarungu

References


Adam, A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 54–61. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). buku cepi - Copy.pdf. In Evaluasi Program Pendidikan (hal. 228). arikunto suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta

Putri, R. E., & Iswari, M. (2018). Media Video Tutorial dalam Keterampilan Membuat Boneka dari Kaus Kaki Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 178–185.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Safitri, R. R. (2019). Analisis Tari Tradisi Pasambahan Syofyani Di Sanggar Seni Tari Dan Musik Syofyani Di Kota Padang Sumatera Barat. http://repository. uir.ac.id/id/eprint/7503%0Ahttps://repository.uir.ac.id/7503/1/156710360.pdf

Triwana, T., & Susmiarti, S. (2023). Koreografi Tari Pasambahan Sanggar Nan Gombang di Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Sendratasik, 12(1), 76. https://doi.org/10.24036/js.v12i1.119951

Zainal Aqib & M. Chotibuddin. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: CV. Budi Utama.


Article Metrics

 Abstract Views : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.