Efektivitas Metode Forward Chaining Pada Keterampilan Memanen Jamur tiram bagi Anak Down Syndrome

Dwi Ikhsan Kurniawan(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i1.126307

Full Text:    Language : id

Abstract


Peneltiian ini dilakukan di SLBN 1 Muaro Sijunjung. Berdasarkan hasil observasi pada anak down syndrome kelas VIII C dimana anak belum mampu melakukan keterampilan memanen jamur tiram pada tahapan pemotongan jamur tiram. Penelitian ini menggunakan metode forward chaining untuk meningkatkan kemampuan anak down syndrome dalam memanen jamur tiram. Penelitian ini berjenis eksperimen berbentuk  single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah anak down syndrome kelas VIII C SLBN 1 Muaro Sijunjung. Dengan teknik pengumpulan data yaitu tes perbuatan. Analisis data yang digunakan analisis data virtual grafik yang dibagi atas analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 14 kali pertemuan diperoleh data pada fase baseline (A1) sebanyak 3 kali pertemuan dengan persentase yang diperoleh yaitu 31,25%, 31,25%, 31,25%. Pada fase intervensi (B) sebanyak 7 kali pertemuan dan kemampuan anak menunjukan peningkatan yang terlihat dari hasil persentase yang diperoleh yaitu 75%, 78,18%, 81,25%, 84,37%, 90,62%, 90,62%, 90,62%. Dan pada fase baseline (A2) sebanyak 4 kali pertemuan tanpa pemberian intervensi dengan persentase yang diperoleh 87,5%, 87,5%, 87,5%, 87,5%. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa metode forward chaining efektif dalam meningkatkan kemampuan memanen jamur tiram anak down syndrome.


Keywords


Memanen Jamur Tiram, Metode Forward Chaining, Anak Down Syndrome.

References


Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 150. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2910

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan ( restu Damayanti (ed.); Edisi 3). PT Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=j5EmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=arikunto+suharsimi&ots=6uCOHeoJN&sig=dwNk1LjetTktfsLAco2cg3CRdow&redir_esc=y#v=onepage&q=arikunto suharsimi&f=false

Farida, I., Marmawi, & Yuniarni, D. (2015). Cara Pembelajaran Anak Down Syndrome Di Kelas B1 Tk Luar Biasa C Dharma Asih. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(5), 1–13. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1792478

Marlina, M. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal.

Septianingrum, & Erica, P. (2019). Efektivitas Teknik Forward Chaining ( Berantai Maju ) Terhadap Keterampilan Merawat Rambut Pada Siswa Down Syndrom. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(1), 32–45.

Putri, F., & Ardisal, A. (2020). Pelaksanaan Latihan Tari Kreasi Anak Down Syndrome Berprestasi Tingkat Nasional di SLB Al-Azhar Bukittinggi. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 134–138. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i2.669


Article Metrics

 Abstract Views : 94 times
 PDF Downloaded : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.