EFEKTIVITAS PERMAINAN PUZZLE LASY UNTUK MENINGKATKAN KOORDINASI MATA TANGAN PADA ANAK GANGGUAN SPECTRUM AUTIS

OK Ahmad Zaid Mustafa(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v11i2.125102

Abstract


Anak-anak GSA mengalami perkembangan kognitif yang terbatas dan kesulitan berpikir abstrak sebagai akibat dari tantangan yang mereka hadapi. Berdasarkan pengumpulan data awal yang dilakukan oleh penulis di SLB Al- Hidayah Ampang di Kota Padang. Penulis menemukan seorang anak dengan inisial (T) yang merupakan GSA kelas V. Penulis menanyakan bagaimana guru melakukan pembelajaran dan kondisi anak saat pembelajaran berdasarkan hasil wawancara dengan guru. Guru kelas mengatakan bahwa pembelajaran dilakukan secara klasikal, dan anak-anak autis kelas V mengalami kesulitan dalam pembelajaran menulis karena gangguan koordinasi mata dan tangan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental analisis subjek tunggal atau single subject research (SSR). Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis data dalam bentuk analisis dalam kondisi dan antara kondisi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa GSA inisial T. Hasilnya menunjukkan bahwa ada overlap data pada kondisi intervensi baseline A1 0% dan overlap data pada kondisi intervensi baseline A2 0%, yang menunjukkan bahwa perlakuan memiliki dampak yang baik terhadap subjek.


Keywords


GSA, Lasy, Koordinasi Mata Tangan

References


Iswari, Mega, Elsa Efrina, Kasiyati Kasiyati, and Arisul Mahdi. 2018. “Bermain Peran : Sebuah Metode Pembelajaran Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosialisasi Anak Autis.” Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 2(2): 39.

Iswari, Mega, Kasiyati, Zulmiyetri, and Yarmis Hasan. 2019. “Training Increases Understanding of Teachers and Parents About Healthy Food for Children with Autism ( Pelatihan Meningkatkan Pemahaman Guru Dan Orang Tua Tentang Makanan Sehat Bagi Anak Autisme).” Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia 3(2): 7–11.

Iswari, Mega, and Nurhastuti. 2018. Pendidikan Anak Autisme. Padang: UNP Press.

Lord, Catherine et al. 2020. “Autism Spectrum Disorder.” Nature Reviews Disease Primers 6(1).

Mansur. 2016. “Hambatan Komunikasi Anak Autis.” Al-Munzir 9(1): 80–96.

Marlina. 2021. Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal. Depok: Raja Grafindo Persada.

Oktavidola, Mia. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Mata Dan Tangan Melalui Media Menjelujur Sepatu Bagi Anak Autis Di SLB Luki Padang.” Universitas Negeri Padang.

Rahmahtrisilvia, Rahmahtrisilvia. 2015. “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Pada Anak Autistik Menggunakan Dukungan Visual.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 15(1): 128.

Rokhimah, Rina, and Ira Darmawanti. 2013. “Pengaruh Permainan Lasy Terhadap Peningkatan Konsentrasi Pada Anak Autis.” Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 4(1): 48–55.


Article Metrics

 Abstract Views : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.