Peningkatan Motivasi Membaca Kata Menggunakan Media PAPI bagi Peserta Didik Down Syndrom

Pina Nofalia(1),
(1) SLB Negeri 1 Lima Kaum  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan motivasi belajar siswa dalam membaca kata dalampelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Lokasi penelitian ini adalah SLB N 1 Lima Kaum yang terletak di Kabupaten Tanah Datar.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 C1 pada semester genap tahun pelajaran2020/2021 dengan jumlah siswa 4 orang. Prosedur penelitian tindakan kelas inidilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dan siklus II saling berkaitan,setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan (Planning), tindakan (Action), observasi(Observation) dan refleksi (Reflection). Masingmasing siklus diadakan sebanyak 2 kali pertemuan yang terdiri dari 2 kali proses belajar mengajar ditambah satu kali tes siklus

Keywords


Motivasi Belajar; Media Papan Pintar (PAPI); Downsyndrome.

References


Arikunto ,Suharsimi. (2013) .Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta : Rineka Cipta

--------------------------------.(2006) . Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta .Bumi Aksara.

Chaer ,Abdul (2011). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia .Jakarta : Rineka Cipta.

Efendi, Muhammad (2009). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan.Jakarta : PT Bumi Aksara

Hamdani. (2011) Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Dina Indriana, (2011) Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran,Jogjakarta: Diva press

Hartono, dkk, (2009) Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan, Pekanbaru,

Zanafa Publishing.

Sardiman, (2018) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Rajawali Press.

Suparno, (2007) Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan

Tinggi Departemen Pendidikan Nasional


Article Metrics

 Abstract Views : 53 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.