Persepsi Mahasiswa Disabilitas Mengenai Perkuliahan Daring Selama Covid 19.
(1) Univsertias Negeri Padang 
(2) Universitas Negeri Padang 
Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1234370.64
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pelaksanaan perkuliahan yang secara mendadak dilakukan secara daring akibat Covid 19. Selain itu juga karena departemen pendidikan luar biasa merupakan departemen dengan mahasiswa disabilitas paling beragam di Universitas Negeri Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa disabilitas mengenai perkuliahan daring selama covid 19 yang terdiri dari 3 aspek. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Responden penelitian 5 orang mahasiswa disabilitas di departemen pendidikan luar biasa Universitas Negeri Padang. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis deskriptif naratif. Keabsahan data mengguanakan triangulasi dengan metode. Hasil dari penelitian ini ialah disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa disabilitas mengenai perkuliahan daring selama covid 19 di departemen pendidikan luar biasa masih perlu ditingkatkan kualitasnya. Adapun aspek yang perlu diperhatikan adalah pengadaan layanan kompensatorisnya meliputi pengadaan juru bahasa isyarat pelatihan penggunaan laptop. Selain itu juga partisipasi dosen di diskusi e-learning untuk meluruskan hasil diskusi mahasiswa
Keywords
persepsi mahasiswa disabilitas; pembalajaran daring; covid 19.
References
Munir. (2008). kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Saragih, Ordekoria, et all. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Journal of Language and Health, 1(2), 49–56. https://doi.org/10.37287/jlh.v1i2.383
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Article Metrics
Abstract Views : 61 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.