Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Tahfidz Menggunakan Metode Tikrar Pada Anak Kesulitan Belajar

Salsa Ayunda Naraeis(1), Jon Efendi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : ind

Abstract


Penenelitian ini membahas peningkatan hafalan hafalan al-qur’an dalam pembelajaran tahfidz menggunakan metode tikrar pada anak kesulitan belajar. Hal ini terlihat ketika peneliti melakukan observasi dan mengidentifikasi siswa A yang mengalami kesulitan belajar dalam pembelajaran tahfidz yaitu menghafal ayat-ayat Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode single subject dengan desain A-B-A. A1 adalah keadaan dasar siswa sebelum intervensi, B adalah intervensi, dan A2 adalah keadaan setelah intervensi tidak ada lagi. Subjek A memiliki rata-rata tingkat kondisi A1 yaitu 34, rata-rata tingkat kondisi B adalah 86,2, rata-rata tingkat kondisi A2 adalah 91. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menunjukan bahwa hafalan ayat al-quran A anak kesulitan belajar meningkat di SMP IT Dar El-Iman kota Padang.

Keywords


Kesulitan belajar, Tikrar, Al-quran

References


Anwar, Khoirul, and Mufti Hafiyana. 2018. “Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 2(2): 181–98.

Irdamurni. 2018. Anak Berkebutuhan Khusus. Jawa Barat: Goresan Pena.

Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Marlina. 2021. Single Subject Research (Penelitian Subjek Tunggal). Depok: Rajawali Pers.

Nurzannah, N, and P Estiawani. 2021. “Implementasi Metode Tikrar Pada Program Tahfidzul Qur’an.” AR-RASYID: Jurnal Pendidikan … 1(1): 45–53.

Rofiah, Nurul Hidayati. 2015. “Metode Pembelajaran Untuk Anak Berkesulitan Belajar Spesifik Tipe Disleksia Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca.”

Tahfidzul, Program, and Prili Estiawani. 2021. “Implementasi Metode Tikrar Pada Program Tahfidzul Qur’an.” AR-RASYID : Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(1): 45–53.


Article Metrics

 Abstract Views : 73 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.