Penggunaan Media Mozaik Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1 Sampai 10 Pada Siswa Tunagrahita Ringan (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas I SLB Negeri 2 Kota Jambi)

Ade Iryano(1), Fatmawati Fatmawati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media mozaik gambar dengan tehnik menempel dan menyusun gambar dan puzlle angka bisa digunakan di SLB Negeri 2 Kota Jambi. Karena lemahnya intelektual atau daya ingat siswa dalam mengenal angka yang berdampak pada sulitnya melakukan kegiatan pembelajaran dan aktifitas sehari-harinya. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengenal angka 1 sampai 10 dengan menggunakan media mozaik gambar. Berdasarkan data awal yang peneliti peroleh yaitu Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran mengengal angka 1 sampai 10 untuk anak tunagrahita dilakukan dengan mozaik gambar 2) Kemampuan mengenal angka 1 sampai 10 dengan media mozaik gambar dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari data sebelum tindakan kemampuan anak dalam 20 indikator mengenal nilai mata uang yakni: GA adalah 32%, MT 30 % dan MD 26%. Sedangkan pada akhir siklus I kemampuan GA meningkat (68%), MT (64%) dan MD (72%). Pada siklus II kemampuan GA meningkat (94%), MT (92%) dan MD (96%) Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan media Mozaik gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka 1 sampai 10.

Keywords


Media, mozaik gambar, tunagrahita ringan

References


Arikunto; Suhardjono; Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Irdamurni. (2018). Anak Berkebutuhan Khusus. Jawa Barat: Goresan Pena.

Minawati. (2015). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Vol. 3.

Somantri, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Suyadi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Andy Offcet.

Trianto, Al-Tabany. (2015). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatic, Progresif Dan Kontekstual. Surabaya: Prenadamedia Group.


Article Metrics

 Abstract Views : 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.