Efektivitas Model Direct Instruction Untuk Meningkatkan Bina Diri Membuat Teh Manis Hangat Pada Anak Diri Tunagrahita Ringan

Ayu Pupu(1), Kasiyati Kasiyati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : en

Abstract


Program khusus pembuatan teh manis panas merupakan kegiatan pengembangan diri tentang kecakapan hidup sederhana. Belajar untuk pertumbuhan pribadi di sekolah dalam kegiatan kecakapan hidup yang melibatkan penyiapan teh panas dan manis. Membuat teh manis panas merupakan kegiatan membuat minuman sehat. Jenis penelitian ini adalah studi eksperimen satu subjek atau studi satu subjek (SSR), dengan desain A-B-A. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model direct instruction, hasil penelitian ini dapat ditunjukkan dari trend yang stabil pada level A1 rata-rata 3%. Kemudian terjadi peningkatan pada intervensi (B) dimana level bermain menjadi 7% setelah mendapat intervensi yaitu level bermain kondisi A2 sebesar 10%. Sehingga dapat disimpulkan model direc instruction efektif untuk meningkatkan kemampuam membuat teh manis hangat dengan menunjukkan hasil yang meningkat pada setiap kondisi.

Keywords


direct instruction, tunagarahita, teh manis hangat

References


Kasiyati, & Grahita Kusumastuti. (2019). Perspektif Pendidikan Anak Tunagrahita. Sukabina Press.

Marlina. (2021). Single Subject Research (Penelitian Subjek Tunggal). Rajawali Pers.

Putra, M., & Kasiyati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Merawat Diri Dalam Keterampilan Menggosok Gigi Dengan Menggunakan Model Direct Instruction Pada Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(157), 235–242.


Article Metrics

 Abstract Views : 235 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.