Profil Responden Faktor-Faktor Prenatal Sebagai Pembawa Resiko Gangguan Spectrum Autism di Yayasan Pengembangan Potensi Anak

Inas Zahra Rahmah(1), Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia(2),
(1) "Universitas Negeri Padang"  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1226190.64

Abstract


Menjaga kehamilan saat seorang ibu mengandung adalah hal sangat penting, terutama pada saat masa prental. Masa prental adalah periode kehamilan yang sangat rentan mengalami berbagai resiko. Pada setiap ibu keadaan yang dialaminya ketika masa prenatal tentu berbeda satu dengan yang lainnya. Bervariasinya keadaan pada masa prenatal yang dialami oleh ibu, tentu akan beragam profil faktor prenatal sebagai pembawa resiko GSA yang terjadi padanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuanlitatif yang menggambarkan data profil responden orang tua anak GSA dari aspek usia ibu, tingkat pendidikannya, jenis kelamin anak GSA, dan level GSA. Subjek penelitian ini yaitu ibu yang menyekolahkan anak nya di YPPA dan sampel penelitian sebanyak 33 sampel. Hasil penelitian ini mengungkapkan responden sebagian besar berusia antara 41 sampai 51 tahun (63%), sedangkan tingkat pendidikan terakhir adalah Strata 1 (S1), sebanyak 15 orang (45,5%), mayoritas anak GSA YPPA berjenis kelamin laki-laki. 27 orang (81,8%) dan tipe GSA sedang sebanyak 17 orang (51,5%).

Keywords


GSA, Prental

References


Anbar, N. N. Al, Dardennes, R. M., Prado-Netto, A., Kaye, K., & Contejean, Y. (2010). Treatment Choices In Autism Spectrum Disorder: The Role Of Parental Illness Perceptions. Research in Developmental Disabilities, 31(3), 817–828.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Association, A. P. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders Fifth Edition DSM-5. VA, American Psychiatric Association.

Astuti, A. T. (2016). Hubungan Antara Pola Konsumsi Makanan Yang Mengandung Gluten Dan Kasein Dengan Perilaku Anak Autis Pada Sekolah Khusus Autis Di Yogyakarta. Jurnal Medika Respati, XI(1), 41–54. http://medika.respati.ac.id/index.php/Medika/article/view/116

Croen, L. A., Najjar, V, D., Fireman, Bruce, & Grether, J. K. (2007). Maternal and Paternal Age and Risk of Autism Spectrum Disorders. Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine, 161(4), 334–340.

Daulay, N. (2021). Memahami Gambaran Keparahan Gejala Autis (P. M. Jaya (ed.)).

Dewi, S. K., & Muthmainnah, R. N. (2016). Profil Siswa Autis Dalam Pembelajaran Matematika Di Filial Slbn Bekasi Jaya. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 69. https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.69-77

Dodds, L., Fell, D. B., Shea, S., Armson, B. A., Allen, A. C., & Bryson, S. (2011). The Role of Prenatal, Obstetric and Neonatal Factors in the Development of Autism. Journal of Autism and Developmental Disorders, 41(7), 891–902.

Maljaars, J., Boonen, H., Lambrechts, G., Leeuwen, K. Van, & Noens, I. (2013). Maternal Parenting Behavior And Child Behavior Problems In Families Of Children And Adolescents With Autism Spectrum Disorder. Journal of Autism and Developmental Disorders, 44(3), 501–512.

Mariana, G. E., & Lubis, R. (2010). Hubungan Antara Harga Diri Dan Tingkat Pendidikan Dengan Sikap Penerimaan Ibu Terhadap Anak Autis Di Yayasan I-Home Schooling Medan. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 21, 36–43.

Nurpratiwi, A. (2011). Pengaruh Kematangan Emosi dan Usia Saat Menikah Terhadap kepuasan pernikahan Pada Dewasa Awal. Skripsi Fakultas Psikologis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 70.

https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2557

Pradana, A. P., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan antara dukungan sosial suami dengan psychological well-being pada ibu yang memiliki anak autisme. Jurnal Empati, 6(2), 83–90.

Rahmahtrisilvia. (2010). Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Perilaku Tantrum Pada Anak Autistik. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 1–10.

Sari, A. I., Yanis, A., & Koerniat, I. (2022). Gambaran Faktor Risiko Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA) di Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus di Padang. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(11).

Shelton, J. F., Tancredi, D. J., & Hertz-Picciotto, I. (2010). Undependent and Dependent Contribution of Advanced Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus ISSN 2622-5077 *tulis nama author

Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus Open Acces Jurnal: ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Maternal and Paternal Ages to Autism Risk. Autism Research, 3(1), 30–39.

Rahmahtrisilvia, R., Setiawan, R., & Sopandi, A. A. (2022). Asesmen Gaya Belajar untuk Anak Gangguan Spektrum Autisme.

Waluyo, K. E. (2013). Pendidikan Prenatal Dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 2(1), 145–157. https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/download/1040/850

Zhang, X., & Jiang, C. . L. (2010). Prenatal and Perinatal Risk Factors for Autism in China. Journal of Autism and Developmental Disorders, 40, 1311–1321.


Article Metrics

 Abstract Views : 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.